SOLOPOS.COM - Akses jalan menuju Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai tergenang banjir. (ANTARA/HO-BPBD Kds.)

Solopos.com, KUDUS — Sebanyak puluhan rumah warga di tiga desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah tergenang banjir karena curah hujan tinggi. Ketinggian air bervariasi.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Munaji, membenarkan informasi tersebut. “Tiga desa yang dilanda banjir tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kaliwungu di Desa Setrokalangan. Satu lagi Kecamatan Jati terjadi di Desa Jati Wetan dan Jati Kulon,” katanya, Sabtu (31/12/2022).

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Puluhan rumah mulai terendam banjir pada Jumat (30/12/2022) pukul 12.00 WIB. Warga yang terdampak banjir belum ada yang mengungsi saat itu.

Ketinggian genangan banjir, tutur dia, bervariasi. Misalnya, ketinggian air di Desa Jati Kulon dan Setrokalangan berangsur-angsur surut, sedangkan di Desa Jati Wetan masih tetap atau belum surut.

“Kondisi genangan tentunya melihat curah hujannya. Apakah intensitasnya menurun atau masih tetap,” ujarnya.

Dia mengungkapkan data lima rumah di Desa Setrokalangan dan 45 keluarga terdampak banjir. Selain itu, 70 rumah dan 650 keluarga terdampak banjir di Desa Jati Wetan. Berikutnya, di Desa Jati Kulon terdapat 90 keluarga dan 40 rumah terdampak banjir.

Camat Kaliwungu, Satria Agus Himawan, membenarkan bahwa di daerahnya dilanda banjir, terutama di Desa Setrokalangan. “Selain merendam akses jalan, juga ada lima rumah warga yang mulai tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 20 sentimeter,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya