SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOYOLALI — Intensitas curah hujan hingga pekan ketiga Maret 2013 masih tinggi. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali meminta masyarakat setempat tetap waspada terhadap penularan penyakit, khususnya demam berdarah dengue (DBD).

Dari data yang dihimpun di Dinkes Boyolali, hingga Senin (18/3/2013), jumlah kasus penyakit DBD tercatat 26 kasus, yang terdiri atas Januari 13 kasus, Februari delapan kasus dan Maret yang sudah tercatat hingga kemarin ada lima kasus. Meskipun kenaikan jumlah kasus penyakit DB tersebut saat ini dinilai belum signifikan dibandingkan tahun lalu, masyarakat diminta tetap waspada.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiga bulan pertama 2012, tercatat jumlah kasus penyakit DBD Januari 18 kasus, Februari tujuh kasus dan Maret sebelas kasus.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sampai saat ini kenaikannya belum signifikan. Tapi kami minta masyarakat tetap waspada dan selalu melakukan upaya pencegahan, terutama dengan menjaga kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal,” ujar Kepala Dinkes Boyolali, Yulianto Prabowo ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin.

Menurut Yulianto, frekuensi curah hujan saat ini yang cenderung tidak merata setiap harinya, masih memungkinkan proses perindukan nyamuk aides agepty sebagai perantara penularan penyakit DBD.

“Jadi meskipun musim hujan, hujan turun, tapi kadang tidak, nah saat jeda itulah sangat dimungkinkan proses perindukan nyamuk. Masa itulah yang harus diwaspadai untuk mencegah penularan penyakit tersebut,” terangnya.

Diakui Yulianto, untuk mendiagnosis secara dini penderita DBD masih sulit. Sebab jika hanya dilihat dari gejala fisik secara kasat mata, tidak ada gejala khusus yang menunjukkan itu mengarah ke DBD positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya