Cuma Kerja dari Rumah, Pemuda di Sragen Raup Uang Jutaan/Bulan

Seorang pemuda di Sragen, Jawa Tengah, Davin Widhistra, 38, mampu meraup uang jutaan rupiah per bulan hanya dengan bekerja dari rumah.
SHARE
Cuma Kerja dari Rumah, Pemuda di Sragen Raup Uang Jutaan/Bulan
SOLOPOS.COM - Davin Widhistra, 38, seorang voice over talent berada di studio di rumahnya di Bulaksari, Nglorog, Sragen, Rabu (5/5/2021). (Solopos.com/Moh Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN – Seorang pemuda di Sragen, Jawa Tengah, Widyantoro Wisnu atau yang lebih akrab disapa Davin Widhistra, 38, mampu meraup uang hingga jutaan rupiah per bulan hanya dengan bekerja dari rumah. Warga Bulaksari, Nglorog, Sragen itu mendapat penghasilan lebih dari berjualan suara.

Davin merupakan seorang voice over (VO) talent atau pengisi suara iklan baik yang tayang di televisi, radio, platform digital atau media sosial. Davin mulai menekuni dunia VO sejak 2004. Kemampuan menjadi VO itu makin terasah setelah Davin malang melintang menjadi penyiar radio swasta di Sragen, Solo hingga Bandung.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Davin pernah menekui dunia penyiaran radio di ASRI Sragen, Rasika Sragen, RBA Sragen, PTPN Solo, Solopos FM, El Shaddai FM Solo, Ria FM, TA Radio Solo, Voice Of Hijra Karanganyar, PRFM Bandung dan Radio Urban Bandung.

“Bersama perusahaan radio itu, saya jadi VO talent iklan. Sejak 2017 lalu, saya memutuskan bekerja sebagai VO talent secara mandiri,” ujar Davin kala berbincang dengan Solopos.com di rumahnya, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Muncul Klaster Tarawih di Sambirejo Sragen: Imam Masjid & Guru TPA Positif Covid-19

Saat ini, sudah ada seratusan produk iklan yang menggunakan jasa VO dari Davin. Sejumlah iklan dari perusahaan besar yang pernah memakai suara Davin antara lain Nutrisari, Telkomsel, Airy, Garuda Indonesia, Phillips, kopi ABC, kopi Gooday, Maxim dan lain-lain.

Kebanyakan iklan itu tayang di platform digital seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Ada pula yang tayang di televisi, radio maupun website resmi dari perusahaan yang beriklan tersebut.

Rata-rata, Davin mengisi suara iklan itu dengan durasi 30-59 detik. Namun, ada pula dengan durasi cukup pendek yakni 3-6 detik. Walau hanya mengisi suara selama enam detik, Davin bisa mendapat bayaran jutaan rupiah.

Baca juga: Lebaran di Solo, Yuk Cicipi Lontong Opor Bubuk Kedelai

Kerja dari Rumah

Davin bisa mengerjakan semua job VO talent itu dari rumah. Untuk menunjang kinerjanya, ia sengaja menyulap salah satu bilik ruangan di rumahnya sebagai studio. Ia biasa bekerja pada malam hari mulai pukul 21.00 WIB hingga 24.00 WIB atau saat situasi di sekitar rumahnya hening.

“Menjadi VO itu tidak ada pantangan khusus. Makannya biasa saja. Suara aslinya tidak bagus juga. Suara saya itu cenderung cempreng, Cuma kalau sudah ketemu naskah, suka ketemu suara yang pas dan enak di dengar baik di nada tinggi atau rendah. Musuhnya cuma flu dan mood. Kalau mood tidak baik, biasanya memengaruhi kualitas suara sehingga harus diulang-ulang terus untuk dapat hasil maksimal,” jelasnya.

Walau bekerja dari rumah, pundi-pundi rupiah mengalir ke nomor rekeningnya. Karena kerap di rumah saja, terkadang tetangganya merasa heran. Mereka lalu bertanya-tanya pekerjaan Davin sebenarnya apa.

“Saya dan istri kadang sampai bingung harus jawab apa. Kalau dijelaskan bekerja sebagai pengisi suara iklan, mereka kadang bingung. Kalau dijelaskan, mereka juga gak percaya kalau pekerjaan seperti ini itu bisa menghasilkan uang,” jelasnya.

Baca juga: 12 Tahun Kosong, Gedung SD Angker di Sambirejo Sragen Sambut Pemudik Ngeyel

Bisa dibilang, datangnya pandemi justru menjadi berkah bagi Davin. Sebab, rata-rata perusahaan menginginkan iklan yang bertema penanggulangan Covid-19. Bekerja dari rumah juga selaras dengan program work from home yang digalakkan pemerintah.

“Biar tidak dibilang pengangguran, terkadang saya keluar rumah dengan pakaian rapi. Kalau ditanya tetangga, saya jawab mau ke kantor. Padahal, saya hanya setor muka saja ke teman-teman di El Shaddai FM Solo,” seloroh Davin.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago