SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor dari arah Jl. Slamet Riyadi menerabas water barrier di Bundaran Gladag untuk menuju Jl. Mayor Sunaryo tanpa terlebih dahulu memutar ke Bundaran Tugu Pamandengan di depan Balai Kota Solo, Jumat (8/4/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Tahukah kamu lima hal ini cuma ada di Solo, Jawa Tengah hlo?

Selain terkenal dengan kulinernya, Kota Bengawan juga tersohor dengan aneka budaya dan juga keramahan warganya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi, selain dua poin tersebut masih ada hal lain yang hanya bisa kamu temukan di Solo.

Baca Juga:  Masih Pro Kontra, Bagaimana Hukum Hari Valentine Bagi Umat Islam?

Lalu, apa saja keunikan yang cuma ada di Solo? Berikut ini di antaranya.

1. Kereta Api di Jalan Slamet Riyadi

Railbus Batara Kresna menyemarakkan event car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi Solo, Minggu (15/3/2015). Perjalanan railbus terhitung aman meski banyak anak yang tertarik melihat kereta dari dekat. (Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos)

Satu hal unik yang bisa kamu temukan di Kota Bengawan adalah kereta api (KA) yang melintas persis di pusat kota, yakni Jl Slamet Riyadi.

Bahkan, hingga saat ini jalur rel kereta api tersebut masih aktif digunakan hingga sekarang, salah satunya dilintasi KA Batara Kresna dengan rute Purwosari - Wonogiri. Keberadaan jalur kereta api di pinggir jalan ini terbilang unik dibandingkan dengan lainnya.

Baca Juga:  15 Kota Terkecil di Indonesia, Solo Masuk Urutan Berapa?

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, jalur rel kereta api di pinggir Jl Slamet Riyadi itu dibangun pada 1922 zaman Belanda.

2. Selat

cuma ada di solo
Kuliner lezat asal Solo, Selat (SoloposFM).

Jika orang luar Solo menganggap selat merupakan wilayah laut yang memisahkan dua pulau, berbeda dengan di Kota Bengawan.

Di Kota dengan luas wilayah 44,04 km persegi ini, selat merupakan kuliner lezat nan menyegarkan.

Baca Juga: Onani Bikin Dengkul Kopong, Masa Iya?

Selat Solo merupakan perpaduan antara bistik dan salad. Isian dari selat sendiri ada daging sapi, kentang goreng, aneka sayuran yang diguyur kuah cokelat.

Rasa manis dan asam dari kuah selat inilah yang membuat kuliner satu ini banyak diburu wisatawan.

Baca Juga: Ini Manfaat Baik Mendesah Saat Bercinta, Jangan Ditahan Ya!

3. Kerbau Bule

ritual di solo
Kebo bule mulai diarak keluar dari depan Kompeks Keraton Kasunanan Surakarta, jelang Kirab Malam 1 Sura, Kamis (21/9/2017) malam. (Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos)

Hal lain yang cuma ada di Solo adalah kerbau bule. Hewan peliharaan dari Keraton Kasunanan Surakarta dianggap keramat oleh masyarakat Solo.

Bahkan, sebagian masyarakat di wilayah ini menyimpan kotoran kerbau bule untuk dibawa pulang sebagai pupuk bercocok tanam. Diyakini dengan menggunakan pupuk kotoran kerbau bule, tanaman akan tumbuh subur.

Baca Juga:  Yang Lagi Viral! Ini Potret Cantik PNS Bergaya Ala Barbie

Di momen kirab malam satu Sura yang digelar satu tahun sekali ini, kerbau bule dikeluarkan dari kandang dan diarak oleh pihak keraton.

4. Studio Rekaman Pertama di Indonesia

monumen didi kempot
Lokananta Solo. (Solopos/dok)

Cuma ada di Solo kamu bakal menemukan studio rekaman pertama yang ada di Indonesia, yakni Lokananta.

Studi rekaman yang berlokasi di Jl Ahmad Yani, Kerten ini berdiri sejak 29 Oktober 1956.

Baca Juga: 3 Orang Ini Diklaim Terkaya di Solo, Siapa Saja Mereka?

Salah satu musisi Indonesia yang pernah melakukan rekaman di Lokananta adalah Maliq & D'essentials.

5. Terminal Bus Terbaik di Indonesia

Dua bus berhenti di Pintu Keluar Bus Barat Terminal Tirtonadi, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (7/5/2020). (Wahyu Prakoso)

Karena fasilitasnya seperti bandara dan bangunan yang begitu keren, Terminal Tirtonadi merupakan terminal bus terbaik di Indonesia.



Terminal Tipe A ini mendapat predikat terbaik dan terlengkap di Indonesia oleh kementerian Perhubungan pada 2016 silam. Di terminal ini, kamu juga bisa menemukan jembatan penyebrangan yang menghubungan Terminal Tirtonadi dan Stasiun Solo Balapan.

Baca Juga:  Jarang yang Tahu! 5 Jajanan Pasar di Solo Ini Wajib Kamu Coba

"Fasilitas Terminal Tipe A Tirtonadi bukan cuma terbaik di Indonesia, tapi juga terlengkap," jelas Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto Iskandar, 2016 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya