Cukup 30 Menit per Hari, Ini Segudang Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.
Cukup 30 Menit per Hari, Ini Segudang Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik
SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas fisik di luar rumah. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Melakukan aktivitas fisik setiap hari diperlukan untuk menjaga tubuh dalam keadaan prima dan seluruh anggota tubuh berfungsi dengan baik. Aktivitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh sehingga menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat untuk mendapatkan kesehatan prima. Cukup lakukan hal-hal sederhana di rumah dan lingkungan sekitar, misalnya bermain bola, bersepeda, naik turun tangga, jalan santai, dan kegiatan lainnya selama 30 menit setiap hari.

Mengutip laman dinkes.acehprov.go.id, Rabu (15/12/2021), terdapat bukti ilmiah yang sangat kuat bahwa melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang minimal 30 menit setiap hari atau 150 menit per minggu secara teratur dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit tidak menular dan risiko kematian dini akibat penyakit kronis.

Baca juga: Hipertensi Jadi The Silent Killer, Ini Tips Cegah Tekanan Darah Tinggi

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur juga memainkan peranan penting dalam kesehatan kardiovaskular. Penelitian memperkirakan bahwa setiap penambahan 2 jam duduk dapat meningkatkan risiko kejadian penyakit kardiovaskular sebanyak 5%. Tapi di sisi lain, setidaknya berolahraga selama 1 jam dapat mengembalikan kebugaran tubuh yang hilang akibat 6 – 7 jam duduk.

Jangan Cepat Puas

Sebagai langkah awal, berjalan kaki merupakan aktivitas fisik yang mudah, murah, dan dapat dilakukan semua orang. Bila kebugaran cukup baik, setidaknya bisa melakukan jalan cepat (kurang lebih 100 langkah per menit) selama 30 menit, yang dapat memberi tambahan 3.000 – 4.000 langkah.

Usahakan untuk mencapai target minimal 10.000 langkah per hari. Bagi yang sudah sering melangkah, jangan cepat puas, karena menambah olahraga 30 menit intensitas sedang masih memberikan manfaat tambahan.

Baca juga: Coba Yuk! Ini Tips Mencegah Mata Lelah saat Kegiatan Daring

Prinsipnya, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari akan memberikan manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat yang bisa Anda peroleh setelah rutin melakukan aktivitas fisik, seperti dikutip dari laman rs-jih.co.id:

1. Menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit

2. Meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh

3. Membuat wajah dan tubuh lebih segar

4. Membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan

5. Meningkatkan rasa percaya diri

6. Mengurangi stres dan emosional

7. Membuat tidur lebih nyenyak

8. Meningkatkan kualitas hubungan seks

Nah, tunggu apa lagi? Meskipun sibuk dan pekerjaan menumpuk, sempatkanlah beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari demi agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Baca juga: Anak Moms Sulit Konsentrasi Saat Belajar? Begini Cara Menanganinya



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago