SOLOPOS.COM - Petugas BPBD bersama sukarelawan mengevakuasi pohon tumbang di wilayah Karangpandan pada Sabtu (29/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com KARANGANYAR — Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kembali menerjang wilayah Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (29/1/2022). Kondisi itu mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, salah satunya menimpa seorang warga. Korban yang mengalami luka-luka dibawa ke Puskesmas Karangpandan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, hujan deras disertai angin terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Kondisi ini mengakibatkan sejumlah pohon turus jalan tumbang. Di antaranya di wilayah Karangpandan dan Tasikmadu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Karangpandan, pohon tumbang menimpa pengguna jalan hingga mengakibatkan korban mengalami patah tulang tangan. Pohon tumbang juga terjadi di Gaum, Kecamatan Tasikmadu.

Baca Juga: Sebelum Tumbang, BPBD Sukoharjo dan Sukarelawan Pangkasi Pohon Tua

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama sukarelawan mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Evakuasi difokuskan pada pohon yang tumbang menutup jalan.

Selain menumbangkan pohon, hujan deras juga mengakibatkan pagar kantor Desa Matesih ambrol. Tidak ada korban dalam kejadian ini.

“Saat ini kami masih menginventarisasi kerusakan baik pohon tumbang maupun rumah rusak. Sementara pohon tumbang menimpa rumah di Manggeh, Karanganyar dan di dekat SPBU Karangapandan. Ada satu korban luka ringan,” kata Kepala BPBD Karanganyar, Bagus Darmadi.

Dia mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan pohon tumbang hingga bangunan ambruk saat hujan deras disertai angin kencang. Warga diminta tidak berteduh di bawah pohon maupun berada di dekat baliho atau papan reklame saat hujan deras. BPBD juga mengajak masyarakat untuk mulai memangkas dahan pohon yang rimbun kemudian mengecek bangunan rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Diterjang Angin Kencang, Pohon Besar di Sukoharjo Tumbang

Lebih lanjut, Bagus mengatakan pihaknya mulai mendata pohon yang rawan tumbang terutama tanaman turus jalan. “Pohon turus jalan yang rawan tumbang beberapa kita tebangi dan diganti dengan seperti di Jalan Lawu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya