SOLOPOS.COM - TANAMAN RUSAK--Sayuran jenis sawi sendok dalam kondisi rusak di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Selasa (10/1/2012). Rusaknya sayuran ini karena pengaruh cuaca dan bibit serta hama tanaman.(FOTO:Espos/Farida Trisnaningtyas)

TANAMAN RUSAK--Sayuran jenis sawi sendok dalam kondisi rusak di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Selasa (10/1/2012). Rusaknya sayuran ini karena pengaruh cuaca dan bibit serta hama tanaman.(FOTO:Espos/Farida Trisnaningtyas)

BOYOLALI--Sejumlah sayuran di Desa Samiran, Kecamatan Selo rusak. Diperkirakan, sayuran rusak keran serangan hama, kualitas bibit yang jelek serta ekstrimnya cuaca menjadi penyebab. Akibatnya, para petani pun gagal panen.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Umur sayuran sawi sendok ini sudah dua bulan. Jika hasilnya bagus dua bulan itu sudah bisa dipanen. Akan tetapi, yang terjadi tanaman justru rusak,” ujar salah satu petani Desa Samiran, Selo, Joko Lelur saat ditemui wartawan di ladangnya, Selasa (10/1/2012).

Petani sayur yang akrab dipanggil Lelur ini mengeluhkan kondisi tanamannya. Pada sayuran sawi miliknya, daun yang seharusnya berwarna hijau tampak kecokelatan. Selain itu, pada penampang daun itu berlubang-lubang kecil serta berjamur.

“Sayuran rusak saya pun merugi. Belum lagi harganya yang jatuh jika dijual. Biasanya satu ikat sawi ini laku Rp1.500. Namun, kini jika dijual hanya laku Rp500 per ikat,” tambahnya.

Salah satu petani lain, Sarmi pun mengeluhkan hal yang sama. Ia mengaku rugi hingga jutaan karena gagal panen. Padahal ia dan keluarga berharap banyak akan panen sayuran ini.

Kondisi tanaman miliknya pun tak jauh berbeda. Daun yang hijau menjadi cokelat dan berjamur. Bahkan, dari beberapa petak tanah yang dimilikinya, hanya setengah petak yang benar-benar dapat dipanen.

“Hujan yang turun deras juga mempengaruhi tanaman. Tidak hanya sawi tapi juga tomat buah milik saya tiba-tiba susut. Beberapa batang pun membusuk dan tidak bisa dipanen,” jelasnya.

Pihaknya berharap pemerintah memberikan bantuan segera untuk mengatasi hal ini. Sebab, tanaman musiman seperti sayuran menjadi penopang hidup mereka. Ia berharap ada bantuan baik bibit maupun obat tanaman agar sayuran miliknya tidak rusak serta tahan cuaca.

(JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya