SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil dalam hujan. (Istimewa)

Cuaca ekstrem mungkin masih terjadi hingga beberapa hari ke depan

Harianjogja.com, KULONPROGO — Bencana longsor terjadi di sejumlah titik di kawasan perbukitan menoreh Kulonprogo. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo mengimbau masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan untuk memperkecil resiko bencana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : CUACA EKSTREM : Hujan Deras, Warga Harus Selalu Waspada

Setidaknya terdapat enam titik longsor yang telah dilaporkan kepada Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kulonprogo hingga Kamis (2/2/2017) pagi. Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kulonprogo, Khamdani mengatakan hujan berintensitas tinggi diperkirakan masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Dia berharap masyarakat selalu waspada dan segera menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman saat terjadi bencana.

“Terkait langkah penanganan, kami dari BPBD melakukan assesment dan telah mengirimkan bantuan logistik kepada para korban,” kata Khamdani.

Sementara itu, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kulonprogo, Sudarmana juga menyampaikan imbauan serupa. Dia berharap masyarakat selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya longsor maupun bencana lain.

“Cuacanya tidak menentu begini. Hujan yang intensitas cukup tinggi dan tidak terduga harus diwaspadai,” ujar dia saat ditemui di Tompak, Giripurwo, Girimulyo, Kamis siang.

Sudarmana lalu mengatakan, Tagana Kulonprogo telah berusaha mengurangi resiko bencana di Tompak. Mereka menutup bagian tebing yang longsor dengan terpal. Langkah itu diharapkan mencegah longsor susulan yang rawan terjadi apabila wilayah itu kembali diguyur hujan. Warga terdampak longsor juga disarankan mengungsi sementara ke rumah tetangga atau kerabat terdekat apabila longsor susulan benar-benar terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya