SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia (Bisnis-dok)

Solopos.com, SEMARANG -- Cuaca ekstrem yang melanda sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng), termasuk Kota Semarang. Kondisi ini rupanya berdampak pada aktivitas penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Sabtu (30/1/2021).

Sejumlah maskapai pun harus menunda keberangkatannya atau delay, bahkan ada yang mengalami keterlambatan kedatangan karena sempat mengalami pengalihan atau divert ke bandara lain. Tercatat ada dua maskapai yang mengalami pengalihan. Kedua pesawat itu yakni Batik Air ID 6362 dan Garuda Indonesia GA 232 dengan tujuan yang sama, yakni Jakarta-Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Cair, Keluarga Korban Pesawat Sriwijaya Air asal Sragen Dapat Santunan Jasa Raharja

Batik Air yang rencana mendarat di Semarang pukul 08.45 WIB pun sempat dialihkan ke Bandara Solo. Alhasil, pesawat tersebut mengalami keterlambatan kedatangan di Bandara Ahmad Yani Semarang pukul 11.35 WIB. Situasi serupa juga dialami Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 232 tujuan Jakarta-Semarang. Pesawat yang dijadwalkan mendarat pukul 11.16 WIB.

“Memang benar ada pengalihan pendaratan karena kondisi cuaca. Bukan karena keadaan emergency. Setelah cuaca membaik, pesawat yang divert sudah bisa terbang lagi dari Solo ke Semarang. Untuk operasional penerbangan hari ini secara keseluruhan normal,” ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo, Sabtu (30/1/2021).

Baca Juga: Selain Sriwijaya Air, Ini 3 Kecelakaan Pesawat Jatuh di Indonesia pada Januari

Penerbangan Tertunda

Selain dialihkan, akibat cuaca ekstrem itu beberapa penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang juga mengalami keterlambatan atau delay keberangkatan. Beberapa maskapai yang mengalami delay keberangkatan itu yakni Lion Air tujuan Surabaya-Semarang. Begitu juga dengan Batik Air ID 7369 tujuan Semarang-Jakarta dan Garuda Indonesia GA 235 tujuan Semarang-Jakarta.

“Untuk mengantisipasi komplain penumpang, kami bekerja sama dengan maskapai memberitahukan adanya informasi keterlambatan karena cuaca buruk,” ujar Heri.

Ia menambahkan, saat ini arus penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang sudah membaik seiring kondisi cuaca yang bisa memungkinkan dilakukan penerbangan. “Cuaca saat ini sudah kondusif. Penerbangan sudah berjalan normal,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya