SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Beberapa hari terakhir hujan di Kota Solo cenderung terjadi dalam durasi lama dengan kategori lebat.

Hal itu dikarenakan bulan Februari menjadi puncak musim penghujan hampir di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan oleh Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jateng, Iis Widya Harmoko, saat dihubungi , Rabu (26/2/2020).

Mungkin Tidak Disadari, Ini Tanda-Tanda Orang Memendam Rasa Suka kepada Anda

Dia memprediksi cuaca cenderung ekstrem di Kota Solo berlangsung hingga Kamis (27/2/2020).

Menurutnya, hujan lebat dengan durasi bervariasi itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pertemuan udara berbeda sifat dari belahan bumi utara dan selatan.

Lalu, juga terjadi pertumbuhan pola siklonik di Samudera Hindia dekat perairan Indonesia.

Pemkab Sukoharjo Setor Pajak PJU Rp2 Miliar/Bulan, Tapi…

“Kami masih memantau perkembangan dinamika atmosfer potensi pertumbuhan awan. Dengan kondisi cuaca seperti ini kami mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, banjir, dan tanah longsor,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Eko Prajudhy Noor Aly, membenarkan telah berkoordinasi dangan BPBD Provinsi dan BMKG Jateng terkait prediksi cuaca beberapa hari ke depan.

Menurutnya, prediksi cuaca BMKG itu patut diwaspadai dengan menjaga kebersihan saluran air agar tidak menimbulkan genangan hingga banjir.

Kerangka Manusia Diturunkan dari Pegunungan Muria

Ia mengimbau ketika hujan lebat, masyarakat tidak berteduh di bawah pohon besar. Ia menjelaskan masyarakat dapat melaporkan apabila menemukan pohon yang rawan tumbang ke BPBD agar ditindaklanjuti ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebagai upaya pencegahan pohon tumbang.

Kepala DLH Solo, Gatot Sutanto, menyebutkan hingga saat ini petugas DLH Solo terus merapikan pohon-pohon di beberapa ruas jalan. Hal itu untuk meminimalisasi potensi pohon tumbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya