SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji melakukan masnasik di wilayah Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, beberapa waktu lalu. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, JAKARTA — Cuaca di Arab Saudi saat ini mulai ekstrem menuju 50 derajat Celcius. Para calon jemaah haji diimbau untuk menjaga kesehatan agar saat berangkat ke Tanah Suci nanti dapat beradaptasi dengan baik.

Pesan itu disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, setelah mendapat informasi tentang suhu di Arab Saudi yang saat ini mencapai 50 derajat Celcius.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrem, suhu udara yang ekstrem,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (23/5/2022).

“Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40-44 derajat Celcius,” kata Gus Men, sapaan akrabnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Sahi Minta RI Lobi Penambahan Kuota Musim Haji Berikutnya

Berdasarkan informasi yang diterima dari Arab Saudi, temperatur udara tersebut belum pada masa puncak. Saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat Celcius.

Menag berharap jemaah mulai mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.

Dia berharap semua jemaah haji Indonesia memiliki kesiapan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji.

Baca Juga: Terbentur Aturan Usia, 27 Lansia Asal Sleman Batal Berangkat Haji

“Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya. Persiapkan fisik sebaik-baiknya dan mental tentu saja,” ujarnya.

Dia juga menyarankan kepada jemaah untuk memperdalam manasik haji serta melakukan persiapan fisik.

“Dalam masa tunggu ini sampai nanti jemaah haji diberangkatkan, persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi,” katanya.

Baca Juga: 12 Calon Haji Asal Solo Gagal Berangkat Karena Terganjal Batas Usia

Menag tiba kembali di Tanah Air setelah melakukan lawatan selama lima hari ke Arab Saudi untuk meninjau persiapan penyelenggaraan haji 1443H/2022M di Arab Saudi.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Suhu di Arab Saudi Diperkirakan 50 Derajat Celsius, Menag Yaqut Ingatkan Jemaah Haji Jaga Kesehatan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya