SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sejak awal tahun 2022 sampai saat ini, temuan kasus Covid-19 di lingkungan sekolah di Kabupaten Sukoharjo terus bertambah. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo mencatat hingga kini sudah terdapat 18 sekolah ditemukan kasus Covid-19.

Perihal temuan kasus Covid-19 di sekolah itu diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu, ketika dihubungi Solopos.com melalui Whatsapp Kamis (10/2/2022). Dia mengatakan sejak Januari 2022, sudah ada 18 sekolah terdapat kasus Covid-19. Total siswa yang diketahui terkonfirmasi Covid-19 selama periode waktu tersebut sebanyak 164 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jumlah siswa se-Sukoharjo yang terpapar Covid-19 di data kami sejauh ini sudah mencapai 164 orang. Tapi saat ini beberapa siswa tersebut sudah sembuh dan beberapa siswa lainnya masih positif Covid-19,” jelas dia.

Baca juga: 30 Bed di Pustu Nguter Sukoharjo Siap Tampung Pasien Covid-19 OTG

Tuti juga mengatakan tidak semua siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Sukoharjo menunjukkan gejala saat terpapar virus corona. Terkait perkembangan kasus temuan tersebut, Tuti juga menjelaskan semua siswa yang terpapar tidak ada yang diharuskan untuk dirawat di rumah sakit.

“Sejak awal ditemukan tidak ada yang dirawat di rumah sakit. Semuanya isolasi mandiri. Perkembangan kesehatan semua dalam kondisi baik,” beber dia.

Sampel Cairan Tenggorokan dan Hidung

Diberitakan sebelumnya, sejumlah 79 santri di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu atau SMA IT Nur Hidayah Kartasura, Sukoharjo, terkonfirmasi positif Covid-19 per Senin (31/1/2022). Puluhan siswa itu kemudian dikarantina di lingkungan sekolah setempat. Dalam perkembangannya setelah dilakukan pelacakan dan tes, didapatkan total 144 orang di sekolah tersebut terpapar virus corona.

Baca juga: Duh, Sejumlah Guru dan Siswa di 7 Sekolah di Sukoharjo Positif Covid-19

Pada bagian lain, Kepala Puskesmas Sukoharjo, Kunari Mahanani, mengatakan terdapat tujuh sekolah di wilayah Sukoharjo kota yang ditemukan kasus Covid-19. Ketujuh sekolah itu yakni SDN Bulakan, SDN Banmati 2, SDN Bulakrejo 3, MTsN 2 Sukoharjo, SMPN 2 Sukoharjo, dan SMAN 1 Sukoharjo.

“Sebagian siswa yang terpapar Covid-19. Namun, ada juga beberapa guru yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan sampel cairan tenggorokan dan hidung,” kata dia, Rabu (9/2/2022).

Petugas kesehatan langsung melakukan pelacakan atau tracing kontak erat pasien positif. Setiap pasien positif memiliki kontak erat sebanyak tiga orang hingga empat orang. Total jumlah kontak erat pasien positif di tujuh sekolah tersebut sebanyak 30 orang.

Baca juga: Dilarang Selfie di Jembatan Gantung Tambakboyo Sukoharjo! Ini Sebabnya

Mereka menjalani rapid test antigen untuk mendeteksi dini apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak. “Jika hasil rapid test antigen reaktif maka ditindaklanjuti dengan tes swab PCR untuk memastikan kondisi kesehatan masing-masing kontak erat,” ujar dia.

 

Temuan Kasus Covid-19 Sekolah di Sukoharjo
(Per Januari 2022 – 9 Februari 2022)

1. SMA IT Nur Hidayah Pucangan Kartasura 144 kasus
2. SMPN 2 Grogol 3 kasus
3. SDN Bulakrejo 3 ada 2 kasus
4. TK Al Azhar 28 Solo Baru 1 kasus
5. MIM Karanglo Mertan Bendosari 1 kasus
6. SD Al Azhar Baki 1 kasus
7. MIN 2 Sukoharjo 1 kasus
8. SD IT MTA Sukoharjo 1 kasus
9. SDN 1 Kamal 1 kasus
10. SDN 3 Kedungsono ada 1 kasus
11. SDN Bulakan 2 terdapat 1 kasus
12. SMPN 1 Mojolaban 1 kasus
13. SMP Al Hadi Mojolaban 1 kasus
14. MTsN 2 Sukoharjo 1 kasus
15. SMAN 3 Sukoharjo 1 kasus
16. SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo 1 kasus
17. SMAN 1 Bulu 1 kasus
18. SMAN 2 Sukoharjo 1 kasus
Total 164 kasus. (Sumber: Dinkes Sukoharjo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya