Covid-19 Menggila Lagi, Persis Solo Terapkan Sistem Gelembung
Solopos.com|sport

Covid-19 Menggila Lagi, Persis Solo Terapkan Sistem Gelembung

Sistem tersebut dirancang untuk membatasi kontak penggawa Persis Solo dengan pihak luar.

Solopos.com, SOLO—Lonjakan kasus Covid-19 di Kota Solo dan sekitarnya turut menjadi perhatian Persis Solo. Laskar Sambernyawa mulai memperkuat protokol kesehatan (prokes) dengan pemberlakuan sistem gelembung. Sistem tersebut dirancang untuk membatasi kontak penggawa tim dengan pihak luar.

Dokter Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, mengatakan sistem gelembung diterapkan ketat agar pemain hanya berada dalam satu lingkungan tertentu. Tak hanya pemain, Iwan menyebut sistem ini juga berlaku bagi tim pelatih dan ofisial.

Pihaknya menegaskan penggawa klub tak boleh sembarangan keluar masuk mes untuk mengantisipasi penularan virus. “Kalau mau keluar harus izin. Kalau bukan urusan penting dan menyangkut tim seperti latihan, lebih baik tetap di mes,” ujar Iwan kepada Solopos.com, Jumat (18/6/2021).

Prediksi Swedia Vs Slovakia: Potensi Kejutan Si Kuda Hitam

Sistem gelembung juga mulai diterapkan untuk keperluan ibadah. Iwan menyebut ibadah dengan jemaah massal seperti Salat Jumat disarankan tetap dilakukan di mes.

“Ini sudah kami mulai tadi siang. Pemain Salat Jumat berjemaah di hotel [mes pemain], tidak di masjid. Ini semata untuk menekan persebaran Covid-19 yang kini mulai naik lagi kasusnya,” kata dia.

Lebih lanjut, klub mewajibkan pemain maupun pelatih melampirkan hasil swab antigen apabila kembali dari kampung halaman di libur akhir pekan. Menurut Iwan, syarat tersebut tidak pandang bulu.

Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini

 

Disiplin Prokes

Iwan memuji keteladanan pelatih Eko Purdjianto yang selalu disiplin melampirkan hasil tes Covid-19 sekembalinya dari Semarang. “Coach memberi contoh kedisiplinan penerapan protokol kesehatan.”

Media Officer Persis, Bryan Barcelona, mengatakan penerapan protokol kesehatan secara umum yakni 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) selalu menjadi perhatian tim saat berinteraksi di lingkungan sehari-hari. Bryan mengatakan prokes diterapkan mulai dari mes, perjalanan menuju tempat latihan hingga lokasi latihan.

“Saat perjalanan naik bus pun kami selalu mengingatkan para pemain untuk 3M.”

Prediksi Inggris Vs Skotlandia: Sejarah Derby Britania Berpihak ke Tiga Singa

Persis sendiri menjadi salah satu tim yang rutin menggelar swab antigen untuk mengecek kondisi pemain. Laskar Sambernyawa memberlakukan tes tersebut sepekan sekali.

Sebelum laga uji coba, Miftahul Hamdi dkk. juga wajib dites ulang seperti sebelum laga kontra Bali United lalu. “Seluruh pemain juga sudah divaksin,” ucap Bryan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago