SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menyampaikan pidato di Sidang Umum PBB secara daring. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA — Kasus Covid-19 melonjak signifikan pada Jumat (28/1/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memberikan peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan lonjakan kasus Covid-19 yang diprediksi terjadi beberapa hari ke depan.

Berikut pernyataan lengkap Presiden dalam keterangan pers secara virtual di Istana Bogor, Jumat (28/1/2022), seperti dikutip Solopos.com dari Bisnis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak Ibu Saudara saudara yang saya hormati. Saat ini kita menghadapi lonjakan kasus harian Covid, utamanya varian Omicron.

Dan kenaikan ini diperkirakan masih akan terus meningkat dalam beberapa minggu kedepan.

Belajar dari lonjakan kasus varian Omicron yang sudah terjadi terlebih dahulu di berbagai negara, pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapinya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, China Tidak Gelar Pesta Tahun Baru

Perbaikan berbagai sarana dan prasarana fasilitas kesehatan disesuaikan dengan karakter varian Omicron yang berbeda dengan sebelumnya dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula salah satunya melalui layanan telemedicine aplikasi layanan kesehatan.

Tak semua kasus Covid Omicron membutuhkan layanan langsung karena gejalanya tidak membahayakan. Yang paling penting meminimalkan kontak.

Ini akan mencegah penyebaran yang lebih luas. Ketika hasil tes PCR saudara positif tanpa ada gejala, silakan lakukan isolasi mandiri di rumah selama 5 hari.

Bila ada gejala batuk, pilek, atau demam, silakan gunakan layanan telemedicine atau ke puskesmas atau ke dokter terdekat.

Baca Juga: Waspada, Kasus Covid-19 di Madiun Melonjak Lagi, 19 Orang Diisolasi

Dengan demikian, beban fasilitas kesehatan dari puskesmas sampai rumah sakit bisa berkurang.

Ini penting agar fasilitas kesehatan kita dapat lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat, maupun pasien penyakit lain yang membutuhkan layanan intensif.

Terakhir, Saya minta bapak/ibu, saudara sekalian tetap tenang, tidak panik, laksanakan selalu protokol kesehatan, kurangi aktivitas yang tidak perlu.

Saya mengajak saudara-saudara sekalian menjaga kesehatan diri masing-masing sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas.

Semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Mahaesa. Amin ya rabbal alamin.

Wasallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya