[ X ] CLOSE

Covid-19 Indonesia: Kapan Bisa Bebas Lepas Masker?

Kapan warga Indonesia bisa bebas lepas masker meski masih pandemi Covid-19?
Covid-19 Indonesia: Kapan Bisa Bebas Lepas Masker?

Solopos.com, SOLO – Sejumlah negara dilaporkan sudah mengizinkan warganya tidak memakai masker di luar rumah. Termasuk juga mengikuti berbagai kegiatan publik. Lantas, kapan warga Indonesia bisa bebas lepas masker?

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021), negara-negara tersebut melonggarkan penerapan protokol kesehatan karena capaian vaksinasi yang tinggi dan terjadi penurunan angka positif dari kasus penularan Covid-19. Tetapi cakupan vaksinasi di Indonesia masih rendah, di bawah 10%. Bahkan positive rate terus meningkat.

Hal itulah yang membuat warga Indonesia belum bisa bebas lepas masker, mengingat potensi penularan Covid-19 masih  tinggi.

Baca juga: 10 Bocah Merusak Makam di Mojo Solo, Ini Penjelasan Sekolah

Sampai saat ini pemerintah melalui Satgas Covid-19 tak bosan-bosan mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan, khususnya memakai masker adalah upaya melindungi diri dan orang lain dari potensi penularan virus corona.

Pemerintah Indonesia sedang menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan tujuan membentuk kekebalan komunal atau herd immunity. Tetapi, tidak ada satupun merek vaksin yang meemberikan jaminan proteksi 100%. Sampai saat ini belum semua vaksin memiliki penelitian efektivitas terhadap varian baru virus corona.

Dengan demikian orang yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 tidak benar-benar aman, melainkan tetap berpotensi terpapar virus corona. Namun, potensi kerusakan akibat infeksi virus tersebut bisa diminalisasi dengan proteksi dari vaksin.

Baca juga: Lezatnya Bakmi Toprak Plus Bakso di Gang Belakang Pasar Mebel Solo

Vaksinasi ini dimaksudkan agar tubuh mengenali jenis infeksi virus dan membentuk sistem kekebalan alami, sehingga tidak mengalami gejala parah saat terinfeksi.

Mengingat vaksin bukanlah satu-satunya alat yang mampu melindungi tubuh dari infeksi virus, maka protokol kesehatan tetap harus diterapkan dengan ketat. Mulai dari rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, memakai masker, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, dan menjaga jarak.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago