SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengaruh pandemi Covid-19 terhadap Indonesia. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN — Kasus Covid-19 di Klaten dinilai terus melandai, dalam beberapa waktu terakhir. Kecamatan Kalikotes merupakan kecamatan yang jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 paling sedikit, yakni hanya dua orang sejak Selasa (31/8/2021).

Camat Kalikotes, Seniwati, mengatakan sebagian besar desa di Kecamatan Kalikotes sudah tidak ditemukan kasus terkonfirmasi Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. Untuk diketahui, Kecamatan Kalikotes terdiri dari tujuh desa yakni Gemblegan, Jimbung, Jogosetran, Kalikotes, Krajan, Ngemplak, dan Tambongwetan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kecamatan Kalikotes hanya dua orang. Semuanya berada di Gemblegan. Yang satu usia 17 tahun dan satunya lagi tujuh tahun. Saat ini masih menjalani isolasi mandiri (isoman) sejak Sabtu kemarin. Semoga, keduanya segera sembuh. Sehingga, Kecamatan Kalikotes tak ada lagi kasus Covid-19,” kata Seniwati, kepada Solopos.com, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Sudah Ditunggu-Tunggu, SMP di Klaten Ikuti Regulasi Soal Belajar Tatap Muka

Seniwati mengatakan berbagai upaya pencegahan persebaran Covid-19 akan terus dilakukan di waktu mendatang. Hal tersebut, seperti mengoptimalkan peran jaga tangga dan meningkatkan patroli penegakan prokes.

“Tak ada kata lelah untuk mengingatkan warga agar selalu menaati prokes. Terutama wajib memakai masker. Semoga, kondisi di Kalikotes segera membaik seperti sediakala,” kata Seniwati.

Sempat Mengganas Pada Mei 2021

Seniwati mengatakan kasus Covid-19 sempat mengganas di Kecamatan Kalikotes, Mei 2021. Di bulan itu, di Kecamatan Kalikotes hampir terdapat kasus kematian karena virus corona setiap harinya.

“Mei 2021 itu, dalam waktu 18 hari sudah ada 30 kasus kematian. Saat ini, sudah melandai. Kali terakhir, kasus kematian di Gemblegan pekan kemarin. Itu karena komorbid juga,” katanya.

Baca juga: PPKM Turun ke Level 3, Ini Harapan PKL Alun-Alun Klaten

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com di Pemkab Klaten, kasus Covid-19 mulai melandai di beberapa wilayah di Kabupaten Bersinar. Selain Kalikotes yang hanya ada dua kasus Covid-19, daerah lainnya, seperti Kebonarum (tiga kasus), Pedan (tiga kasus), Polanharjo (enam kasus), Juwiring (tujuh kasus), Karangnongko (delapan kasus), Kemalang (sembilan kasus), Tulung (10 kasus), dan Trucuk (10 kasus).

Di sisi lain, Kecamatan Klaten Selatan menjadi daerah paling banyak terdapat kasus Covid-19. Di kecamatan tersebut terdapat 39 kasus Covid-19. Di bawah Klaten Selatan terdapat Jogonalan dengan 30 kasus Covid-19.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan jumlah angka kesembuhan di Klaten mencapai 79 orang dalam sehari, Selasa (31/8/2021). Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan penambahan 34 kasus baru Covid-19 dan penambahan tiga kasus kematian karena virus corona.

“Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 34.243 kasus. Sebanyak 335 orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.082 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.826 orang telah meninggal dunia,” katanya.

Baca juga: Dandan Kali, Upaya Warga Lereng Merapi di Klaten Merawat Sumber Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya