Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2022 dalam Rangka HUT ke-77 RI

Berikut ini terdapat contoh teks doa yang bisa dibaca saat upacara 17 Agustus 2022 dalam rangka HUT ke-77 RI.
SHARE
Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2022 dalam Rangka HUT ke-77 RI
SOLOPOS.COM - Suasana Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, SOLO — Untuk memperingati HUT ke-77 RI, upacara 17 Agustus 2022 menjadi acara yang wajib diadakan. Dalam rangkaian upacara tersebut, tentunya terdapat pembacaan doa di akhir.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Indonesia akan memperingati HUT ke-77 RI pada esok hari, Rabu (17/8/2022). Dalam memperingati hari bersejarah tersebut, upacara sudah menjadi acara wajib yang diadakan di perkantoran hingga permukiman.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dalam rangkaian acara upacara 17 Agustus 2022, terdapat agenda pembacaan doa yang biasanya dibacakan di akhir acara.

Lalu, bagaimana contoh doa yang bisa dibaca dalam upacara 17 Agustus 2022 dalam rangka HUT ke-77 RI?

Baca Juga: Doa Sujud Syukur dan Artinya, Lengkap dengan Tata Caranya

Berikut ini contoh teks doa yang pernah dibaca Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai ucapan syukur Kemerdekaan RI pada 2021 silam, dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2022

Bismillaahirrahm?nirrah?m. Alhamdulillaahirabbil ‘aalamin. Allaahumma shalli ‘alaa Sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali Sayyidinaa Muhammad.  

Ya Allah, ya Tuhan kami. Wahai Keindahan yang menciptakan sendiri segala yang indah. Wahai Pencipta yang melimpahkan sendiri segala anugerah. Wahai Maha Pemurah yang telah menganugerahi kami negeri sangat indah dan bangsa yang menyukai keindahan.

Ya Allah yang telah memberi kami kemerdekaan yang indah. Demi nama-nama agungMu Yang Maha Indah. Demi sifat-sifat suciMu Yang Maha Indah. Demi ciptaan-ciptaanMu yang serba indah.

Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami, kepekaan menangkap dan mensyukuri keindahan anugrahMu Keindahan merdeka dan kemerdekaan. Keindahan hidup dan kehidupan. Keindahan manusia dan kemanusiaan. Keindahan kerja dan pekerjaan. Keindahan sederhana dan kesederhanaan. Keindahan kasih sayang dan saling menyayang.

Keindahan kebijaksanaan dan keadilan. Keindahan rasa malu dan tahu diri. Keindahan hak dan kerendahan hati. Keindahan tanggung jawab dan harga diri.  Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami. Kemampuan mensyukuri nikmat anugerahmu dalam sikap-sikap indah yang Engkau ridhai.   

Selamatkanlah jiwa-jiwa kami, dari noda-noda yang mencoreng keindahan martabat kami. Pimpinlah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami ke jalan indah menuju cita-cita indah kemerdekaan kami. Kuatkanlah lahir batin kami, untuk melawan godaan keindahan-keindahan imitasi, yang menyeret diri-diri kami dari keindahan sejati kemanusiaan dan kemerdekaan kami. Merdekakan lah kami dari belenggu penjajahan apa saja selain Allah, termasuk diri kami sendiri.

Kokohkanlah jiwa raga kami untuk menjaga keindahan negeri kami. Ya Nuuru, wahai Cahaya di atas segala cahaya. Pancarkanlah cahayaMu di mata dan pandangan kami. Pancarkanlah cahayaMu di telinga dan pendengaran kami. Pancarkanlah cahayaMu di mulut dan perkataan kami. Pancarkanlah cahayaMu di hati dan keyakinan kami. Pancarkanlah cahayaMu di pikiran dan sikap kami. Pancarkanlah cahayaMu di kanan dan kiri kami. Pancarkanlah cahayaMu di atas dan bawah kami Pancarkanlah cahayaMu di dalam diri kami.

 Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya agar kami dapat menangkap keindahan ciptaanMu dan meresapinya. Dapat menangkap keindahan anugerahMu dan mensyukurinya. Dapat menangkap keburukan jalan sesat setan dan menghindarinya. Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya agar kami dapat menangkap keindahan, kebenaran dan mengikutinya.

Dapat menangkap keburukan, kebatilan dan menjauhinya. Agar kami dapat menangkap keindahan, kejujuran dan menyelaminya. Dapat menangkap keburukan, kebohongan dan mewaspadainya.

 Pancarkan cahayaMu, ya Maha Cahaya Sirnakan dan jangan sisakan sekelumit pun kegelapan di batin kami. Ya Allah, kami berdoa dengan menyebut nama-nama indahMu, seperti yang Engkau perintahkan Maka kabulkanlah doa kami, seperti yang Engkau janjikan.

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah, waqinaa adzaabannaar. Walhamdulillaahirabbil ‘alamin.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan HUT ke-77 RI yang Bisa Dipasang untuk Status

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode