SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menyopir mobil listrik Mitsubishi Minicab-MiEV di halaman BSD City, Kabupaten Tangerang, Rabu (17/11/2021). (Foto: Instagram.com/jokowi)

Solopos.com, TANGERANG – Presiden Joko Widodo memberi testimoni terhadap mobil listrik keluaran Mitsubishi yang dicobanya di halaman BSD City, Tangerang, Rabu (17/11/2021) pagi. Meluncur hening, sebut Presiden Jokowi setelah merasakan Mitsubishi Minicab MiEV itu.

Testimoni itu diunggah di akun Instagram Presiden Jokowi, Rabu sore. “Di arena pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show di BSD City, Kabupaten Tangerang, pagi tadi, saya sempat menjajal salah satu mobil listrik, Mitsubishi Minicab Miev. Wusss … meluncur dengan suara hening mengitari pelataran depan gedung pameran,” tulis di akun itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jokowi juga menyampaikan sudah waktunya Indonesia membangun ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan. Dia menyampaikan pemerintah terus mendorong upaya peningkatan produksi mobil listrik maupun hybrid.

Baca Juga: Indonesia Pasang Target Produksi 600 Ribu Mobil-Bus Listrik Hingga 2030

Dilansir Bisnis.com, Mitsubishi Minicab-MiEV adalah kendaraan niaga ringan atau light commercial vehicle (LCV) bertenaga listrik. Minicab-MiEV merupakan sebuah mobil konsep yang pertama kali hadir di ajang Tokyo Motor Show 2011.

Kendaraan niaga ringan ini memiliki fitur daya listrik 1.500 W DC dan dapat menjadi sumber tenaga dengan menyalurkan daya AC 100 V yang cukup untuk menyalakan peralatan elektronik saat tengah berkegiatan di luar. Motor listrik MiEV memiliki daya yang besar serta senyap sehingga dapat beroperasi di tengah pemukiman padat tanpa mengganggu masyarakat. Hal ini menjadi suatu keunggulan tersendiri di Jepang.

Baca Juga: Sopiri Mobil Listrik, Jokowi: Semuanya Harus Ramah Lingkungan

Mobil ini memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, serta tinggi 1.810 mm dan 1.915 mm. MiEV memiliki dua opsi tinggi karena di Jepang mobil ini ditawarkan dengan dua trim, yakni baterai CD 10,5 kWh high roof dan CD 16 kWh standard roof.

MiEV yang dipakai Jokowi merupakan trim 16 kWh standar roof. MiEV ini pun menggunakan baterai jenis lithium-ion dengan kapasitas seperti pada jenis trim yakni 10,5 kWh dan 16 kWh. Motor listrik tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 41 ps pada putaran 2.500 rpm sampai 6.000 rpm serta torsi 196 Nm pada putaran 0-300 rpm. Minicab-MiEV pun mempunyai jarak tempuh dalam satu kali pengisian daya sejauh 100 kilometer untuk trim CD 10,5 kWh dan 150 kilometer untuk CD 16 kWh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya