[x] close
Coba Ini! 5 Takjil yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
Solopos.com|lifestyle

Coba Ini! 5 Takjil yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Saat buka puasa, cobalah mengonsumsi aneka takjil untuk tingkatkan imunitas tubuh ini.

Solopos.com, JAKARTA--Ada sejumlah takjil yang bisa tingkatkan imunitas. Asal tahu saja memiliki daya tahan tubuh kuat sangat diperlukan agar puasa berjalan lancar. Apalagi, puasa kali  ini dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Sayangnya selama bulan Ramadhan tak sedikit orang yang justru tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, terutama hidangan takjil untuk berbuka puasa. Pasalnya, rasa lapar yang telah ditahan selama seharian sering kali meningkatkan nafsu makan.

Di Indonesia, takjil biasanya merupakan makanan yang justru tidak sehat, seperti gorengan dan makanan mengandung santan serta tinggi gula. Apabila dikonsumsi berlebihan, makanan tersebut bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh dan bisa menurunkan imunitas. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memperhatikan makanan yang dijadikan takjil agar dapat mendongkrak imunitas tubuh.

Baca Juga:  Waduh! Tidur Dengan Lampu Menyala Punya Efek Negatif

Simak ulasan takjil untuk tingkatkan imunitas tubuh di tips kesehatan kali ini.

Berikut ini 5 takjil sehat yang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh sebagaimana melansir detikcom, Senin (26/4/2021):

1. Apel

Apel merupakan salah satu takjil untuk tingkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa memang dianjurkan. Selain kandungan air dalam apel bisa membantu menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa, apel juga bisa mencegah berbagai macam penyakit, seperti common cold atau masuk angin.

Berdasarkan studi yang diterbitkan di Nutrition Journal, kandungan phytochemical atau antioksidan dalam apel dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Kurma

Kurma juga merupakan takjil untuk tingkatkan imunitas tubuh. Buah yang satu ini memang merupakan sunnah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat membatalkan puasa. Selain rasa manisnya dapat mengembalikan energi, kurma ternyata juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, lho.

Kandungan nutrisi dalam kurma, seperti zat besi, bida mengurangi risiko anemia. Kurma juga bisa mencegah hipertensi arterial lantaran mengandung tinggi potasium. Lebih lanjut, kurma bisa mengurangi akumulasi lemak di arteri serta bisa menstimulasi sistem saraf dan otak.

Baca Juga: 4 Kudapan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Jahat Di Tubuh

3. Salad

Selain sehat, sayuran hijau yang ada pada salad dapat membantu mengisi perut yang kosong, sehingga saat beralih ke makanan utama usai salat maghrib, kamu jadi terhindar dari mengonsumsi terlalu banyak kalori dan makan berlebih. Pasalnya, salad mengandung serat yang bisa membantu perut terasa kenyang.

4. Sup ayam

Sup ayam merupakan salah satu makanan yang kerap dijadikan sebagai pereda flu. Alih-alih mengonsumsi takjil tinggi gula dan santan, kamu bisa menjadikan sup ayam sebagai takjil untuk tingkatkan imunitas tubuh. Menurut University of California Los Angeles, sup ayam memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada pernapasan jika kamu mengalami flu.

5. Greek yogurt

Greek yogurt kaya akan kandungan probiotik dan protein daripada yogurt biasa. Menurut analisis di Korean Journal of Family Medicine, probiotik bisa membantu mencegah terjadinya common cold masuk angin. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi probiotik memiliki risiko lebih rendah terkena flu.

 


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago