SOLOPOS.COM - Warga terlihat antusias menyaksikan pendaratan pesawat King Air 200GT di Bandara Ngloram, Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (11/1/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, BLORA -- Kerja sama penerbangan antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan maskapai Citilink dimatangkan dan rencana awal terbang mulai Oktober 2021.

Mengutip Blorakab.go.id, Sabtu (22/5/2021), Bupati Blora, Arief Rohman, mengikuti rapat koordinasi kerja sama penerbangan. Rapat tersebut dihadiri perwakilan Maskapai Citilink, Kepala Satlak Bandara Ngloram, dan Kepala UPBU Bandara Dewadaru Jepara yang terkoneksi secara virtual.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rapat membahas terkait teknis rencana kerja sama, mulai dari waktu penerbangan, kesiapan bandara dan penunjangnya, hingga diskusi terkait tarif dan skema dukungan dari Pemkab Blora.

Baca Juga : Santri di Ponpes Blora Dapat Fasilitas Tes Covid-19 Gratis

Perwakilan dari Maskapai Citilink, Rahmakika Rahardiasari, selaku senior manajer pada kesempatan tersebut turut memaparkan pesawat yang akan dioperasikan untuk penerbangan dari Cepu ke Halim Perdanakusuma berjenis ATR 72.

Pada masa pandemi ini dapat mengangkut hingga 64 penumpang. “Kurang lebih 1 jam 38 menit penerbangan, rencananya baik nanti dari Halim Perdana dan Cepu akan beroperasi satu kali atau dua kali dalam sepekan,” ungkapnya.

Rahma turut menjelaskan terkait skema bantuan anggaran penerbangan (subsidi). Dalam bentuk dana deposit untuk pemenuhan subsidi penumpang dalam kurun waktu satu tahun.

“Apabila rute tersebut belum memenuhi target revenue yang ditetapkan, maka Pemda akan memenuhi selisih kekurangan target revenue dari dana deposit,” jelas Rahma.

Biaya Operasional

Dijelaskannya, target total revenue per flight sebesar Rp64.040.000. Pada kesempatan tersebut, Rahmakika juga menjelaskan secara detail mengenai komponen biaya operasional, harga jual tiket minimum dan maksimal dihadapan Bupati, Sekda dan sejumlah kepala OPD terkait.

Bupati Arief mengungkapkan dengan pemaparan dan diskusi tersebut sebagai upaya untuk mematangkan kerja sama. Penerbangan dari Ngloram tersebut akan banyak diminati, terlebih dapat mempermudah akses dari tamu maupun pegawai perusahaan Migas.

Pihaknya pun berencana untuk berkoordinasi dengan kabupaten sekitar agar dapat turut serta memanfaatkan akses transportasi penerbangan dari Ngloram.

Baca Juga : Gunung Lumpur Kesongo Blora Berawal dari Kisah Naga

Bupati mengungkapkan kesiapannya untuk membantu mempromosikan penerbangan dari dan ke Bandara Ngloram.  “Kami optimistis, semoga maksimal bulan Oktober 2021 sudah bisa penerbangan bersama Citilink,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya