CINCINNATI MASTERS : Bartoli Putuskan Gantung Raket
Solopos.com|sport

CINCINNATI MASTERS : Bartoli Putuskan Gantung Raket

Petenis Prancis, Marion Bartoli, memutuskan pensiun. Keputusan ini diambil juara Wimbledon 2013 itu setelah disingkirkan Simona Halep pada babak kedua Cincinnati Masters 2013 di Cincinnati, Amerika Serikat. DokJIBI/Solopos/Reuters
Petenis Prancis, Marion Bartoli, memutuskan pensiun. Keputusan ini diambil juara Wimbledon 2013 itu setelah disingkirkan Simona Halep pada babak kedua Cincinnati Masters 2013 di Cincinnati, Amerika Serikat. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, CINCINNATI –Kabar mengejutkan datang dari petenis asal Prancis, Marion Bartoli. Petenis yang baru saja menjuarai Grand Slam Wimbledon 2013 itu menyatakan keinginannya untuk gantung raket alias pensiun.

Keputusan Bartoli gantung raket ini diumumkan sesaat setelah dirinya tersingkir dari ajang Western and Southern Open atau Cincinnati Masters di Cincinnati, Amerika Serikat, Rabu (14/8/2013) waktu setempat. Bartoli tereliminasi di babak kedua setelah ditaklukkan petenis Rumania, Simona Halep, secara rubber set, 6-3, 4-6, 1-6.

Keputusan Bartoli mundur dari dunia tenis jelas mengejutkan. Pasalnya, sekitar enam pekan yang lalu, petenis 28 tahun itu baru saja menunjukkan keperkasaannya dengan menjuarai Wimbledon 2013 setelah mengalahkan Sabine Lisicki, secara straight set, di partai final.

“Yah, ini memang tidak pernah mudah dan jelas tidak pernah ada waktu untuk mengatakannya, tapi ini benar-benar merupakan pertandingan terakhir [melawan Simona Halep] dalam karier saya, maaf,” ujar Bartoli sambil meneteskan air matanya, seperti dilansir Reuters.

“Ini saatnya bagi saya untuk pensiun dan menyebutnya karier. Saya merasa ini waktunya saya untuk melangkah pergi.”

“Tubuh saya, sudah tak bisa melakukannya lagi,” beber ranking tujuh dunia itu.

Sebelumnya, Bartoli tidak menunjukkan tanda-tanda untuk pensiun. Bahkan, ia dikabarkan sedang bersiap untuk menghadapi Grand slam US Open, 26 Agustus mendatang, di mana ia meraih hasil terbaik sepanjang kariernya musim lalu dengan melaju ke babak perempat final.

Namun, kekalahan atas Halep membuat Bartoli akhirnya berpikir ulang. Rasa nyeri di tubuhnya saat melakoni pertandingan membuatnya memutuskan meninggalkan gemuruh di lapangan tenis dan memulai lembaran baru dalam kehidupannya.

“Anda tak pernah tahu sebelum itu akan menjadi pertandingan terakhir Anda, tapi saya merasakan setelah pertandingan. Saya merasa sudah tak bisa melakukannya lagi,” tutur Bartoli. “Setelah satu set, seluruh tubuhku terasa sakit.”

“Anda tahu, setiap orang akan mengingat gelar Wimbledon-ku. Tak ada yang akan mengingat pertandingan terakhirku dimainkan di sini.”

“Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam hidup dibanding bermain tenis, saya yakin saya akan menemukan sesuatu.”

Sejak tampil di US Open 2002, Bartoli selalu tampil di setiap turnamen berlabel grand slam. Peraih delapan gelar WTA ini menjadi salah satu pesaing yang diperhitungkan.

Namun, selama 13 tahun berkarier, rentetan cedera selalu menghantuinya. “Saya sudah melalui banyak cedera sejak awal tahun. Saya sudah berada di tur begitu lama dan saya benar-benar memberikan seluruh energi yang tersisa. Saya merasakan sakit di mana-mana setelah 45 menit atau satu jam bermain. Saya sudah melakukannya sejak lama.. untuk kebijakan tubuhku, saya tak bisa melakukannya lagi.”

Close Video
Promo & Events
Baca Juga
View All
Berita Terpopuler
Indeks
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago