SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kunci Motor. (Gambar: hondacengkareng.com)

Solopos.com,WONOGIRI — Kelangkaan chip semikonduktor berpengaruh pada ketersediaan sepeda motor di Wonogiri. Kelangkaan chip semikonduktor mengakibatkan penjualan sepeda motor di dealer turun hingga 50 persen.

Staf pemasaran dealer Yamaha Kondang Motor Wonogiri, Kurniawan, mengatakan pengiriman sepeda motor turun lebih dari 50 persen sejak tiga bulan terakhir. Saat kondisi normal, dealer biasa menerima 10 motor per hari. Kini hanya menerima 3-4 sepeda motor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu lantaran chip semikonduktor, bahan utama membuat integrated circuit (IC) yang digunakan di sepeda motor langka.

“Produksi sepeda motor turun karena chip semikonduktornya langka. Akibatnya pengiriman sepeda motor ke dealer ini turun. Biasanya bisa sampai 10 motor, sekarang paling tiga atau empat motor saja. Padahal permintaan sepeda motor cukup tinggi,” kata Kurniawan saat ditemui Solopos.com, Kamis (11/8/2022).

Sepeda motor yang tersedia di display dealer pun hanya empat unit. Banyak konsumen yang harus inden jika membeli sepeda motor.

Baca Juga: Daerah Ini Warganya Sering Bersepeda Motor Tanpa Helm

Terlebih, sepeda motor yang dipesan merupakan sepeda motor matik jenis terbaru seperti Nmax atau Aerox. Masa tunggu konsumen sejak memesan hingga sepeda motor datang sekitar dua pekan.

Dia menjelaskan, satu unit sepeda motor merk Nmax dan sejenisnya terdapat tiga chip semikonduktor. Meski tipe motor tersebut menjadi best seller para konsumen, tetapi produksinya terhambat.

“Ada yang sampai dua bulan. Itu maksimal. Bahkan ada yang sampai membatalkan pesanan karena terlalu lama datang. Biasanya kalau waktunya terlalu lama, kami menawarkan pembatalan,” jelas dia.

Kurniawan kerap berusaha memberi pengertian kepada konsumen soal keadaan yang sekarang terjadi. Tidak jarang, konsumen mengajukan protes karena mereka harus menunggu lama mendapatkan sepeda motor yang diinginkan.

Baca Juga: Modifikasi Motor Matic Meriahkan HUT ke-31 Yamaha Kondang Motor

Staf pemasaran Dealer Honda Sentral Sakti Motor Wonogiri, Anto, hampir mengungkapkan hal serupa. Motor yang baru saja dikirim dari pusat tak sempat dipajang di dealer. Melainkan langsung dikirimkan ke pemesan. Setiap hari dealer menerima enam hingga tujuh unit sepeda motor.

“Begitu motor sampai di dealer, kami langsung mengantarkan ke tempat pembeli. Makanya sepeda motor yang di display sedikit. Ini sudah mending, ada beberapa unit. Waktu Mei-Juni lalu, motor yang di display hanya satu-dua unit,” kata Anto.

Menurutnya, kelangkaan chip semikonduktor memang berpengaruh pada produksi motor Honda. Tiga bulan lalu, dealer menerima tiga-empat motor per hari. Sekarang ini bisa enam-tujuh motor per hari.

“Kalau keadaan normal, bisa lebih dari 10 unit motor per hari yang dikirim ke sini. Ini sudah lumayan membaik dari pada sebelumnya,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya