SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, XI’AN – Indonesia dipastikan tak akan tampil pada putaran final Piala Asia di Australia, 2015 mendatang. Kans skuat Garuda, julukan Timnas Indonesia, untuk lolos dari kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C dipastikan tertutup setelah takluk dari China 0-1 di Stadion Jiaodaruisen, Xi’an, Jumat (15/11/2013) malam WIB.

Gol semata wayang China diceploskan penyerangnya Wu Lei di masa injury time babak pertama. Wu Lei menciptakan lewat bola tandukan setelah memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Indonesia.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Hasil ini memastikan peluang Indonesia untuk lolos dari babak kualifikasi. Kekalahan membuat Indonesia kian terbenam di dasar klasemen Grup C dengan torehan satu poin, hasil tiga kalah dan sekali seri.

Sementara, bagi China kemenangan ini membuat asanya lolos ke putaran final kian terbuka. China saat ini mengantongi nilai tujuh, hasil dari dua kali menang, sekali kalah dan sekali seri.

Ekspedisi Mudik 2024

Jalannya pertandingan

Tampil di bawah suhu dingin -9 derajat celcius di Stadion Jiaodaruisen, Xi’an, skuat Garuda, julukan Indonesia, mengawali laga dengan cukup apik. Skuat besutan Jacksen F. Tiago ini bahkan sempat memberi tekanan saat pertandingan baru memasukki menit ketiga.

Namun, China yang tampil dengan dukungan sekitar 55.000 pendukungnya, tak ingin terlena. The Dragon, julukan China, yang mengincar poin penuh langsung mengurung pertahanan Indonesia.

Tekanan demi tekanan pun diberikan China. Bahkan China nyaris menciptakan keunggulan di menit kelima, lewat terobosan Wu Lei kepada Gao Lin. Namun, upaya ini masih mampu digagalkan kiper I Made Wirawan, yang tampil cukup konsisten.

Tekanan dari China tak berhenti di situ. The Dragon terus menerus menggempur pertahanan Indonesia.

Kendati demikian, lini belakang Garuda masih mampu tampil konsisten menjaga pertahanannya, terutama I Made yang tampil cemerlang. Tercatat beberapa kali kiper Persib Bandung ini mampu melakukan penyelamatan.

Pemain China sempat frustasi karena sulit menjebol pertahanan Indonesia selama babak pertama. Namun, penantian China akhirnya terbayarkan.

Di masa injury time 45+1, China akhirnya memecah kebuntuan lewat sundulan Wu Lei, setelah menerima umpan crossing Liu Jianye dari sisi kanan. M. Roby, yang sejak awal pertandingan tampil fokus, tampaknya hilang fokus hingga lupa menutup pergerakan Wu Lei dan berimbas gol ke gawang timnya.

China pun untuk sementara unggul dan menutup laga babak pertama dengan skor 0-1.

Memasukki babak kedua, China kembali tampil dominan melakukan determinasi ke pertahanan Garuda. Bahkan, Wu Lei nyaris kembali mempecundangi gawang Indonesia lewat tandukannya di menit ke-47.

Tertekan terus menerus, Indonesia mulai melakukan rotasi. Ahmad Bustomi ditarik keluar dan digantikan Zulham Zamrun di menit ke-57. Masuknya gelandang serang Mitra Kukar ini diharapkan mampu menambah daya gedor skuat Garuda.

Masuknya Zulham tak menurunkan tekanan China. Meski demikian, konsentrasi pertahanan tim Negeri Tirai Bambu itu sedikit terpancing, karena Indonesia mulai berani melancarkan serangan.

Pada menit ke-78, Indonesia kembali memasukkan penyerang. Yakni Samsul Arif yang dimasukkan menggantikan Jufriyanto.

Masuknya Samsul menambah daya gedor Indonesia. Ia sempat memberikan assist mendatar matang kepada Boaz. Sayang, tembakan kapten Garuda masih melenceng.

Hingga laga berakhir, tak ada gol tercipta. Indonesia pun harus kembali menelan kekalahan dalam laganya di kualifikasi Piala Asia 2015 dan dipastikan tersingkir dari perebutan tiket ke putaran final.

Susunan pemain

China (4-2-3-1)

Zeng Cheng; Liu Jianye, Zhang Linpeng, Zheng Zhi, Rong Hao; Huang Bowen, Zhao Xuri; Sun Ke, Gao Lin,  Wu Lei; Yu Dabao (Zhang 65’)

Indonesia (4-3-1-2)

Made; Sanadi, M.Roby, Igbonefo, Kipuw (Beni Wahyudi 46’); Taufiq, Maitimo, Jufriyanto (Samsul Arif 78’); Bustomi (Zulham Zamrun 57’) ; Tibo, Boaz



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya