SOLOPOS.COM - STASIUN ANTARIKSA -- Gambaran rekaan mengenai stasiun antariksa Tiangong 1 milik China yang akan diluncurkan pekan depan. (Spacedaily.com)

Beijing (Solopos.com) – Kemajuan program antariksa China memang patut dikagumi. Pekan depan China bakal meluncurkan wahana antariksa yang menjadi awal realisasi program pembuatan stasiun antariksa.

STASIUN ANTARIKSA -- Gambaran rekaan mengenai stasiun antariksa Tiangong 1 milik China yang akan diluncurkan pekan depan. (Spacedaily.com)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wahana antariksa yang dinamai Tiangong (Istana Surga) 1 itu akan diluncurkan dari pusat antariksa di kawasan Gurun Gobi sekitar tanggal 27-30 September mendatang. Kantor berita Xinhua, Selasa (20/9/2011) memberitakan, wahana stasiun antariksa tak berawak dan roket Long March yang menjadi wahan pengangkutnya sudah disiapkan di tempat peluncuran yang berada di Jiuquan, Provinsi Gansu, China barat laut.
Ekspedisi Mudik 2024

Wahana seberat delapan ton ini selanjutnya akan diuji coba dengan pelaksanaan penggabungan dengan pesawat antariksa tak berawak Shenzhou 8 yang menyusul diluncurkan. “Tujuan utama peluncuran Tiangong 1 adalah untuk menguji coba proses pertemuan dan penggabungan di antara dua pesawat,” ujar pernyataan resmi badan antariksa China.

Pelaksanaan program ini menjadi bukti lanjutan besarnya ambisi China untuk mengokohkan diri sebagai negara ketiga di dunia selain AS dan Rusia yang mampu menjalankan program antariksa secara mandiri. China meraih sukses besar dengan peluncuran misi antariksa berawaknya yang pertama tahun 2008 silam.

Ambisi besar China ini terjadi di saat AS dan Rusia justru terlihat mengendurkan diri dalam program antariksa mereka. Pengetatan dana besar-besaran membuat program unggulan AS seperti pesawat ulang-alik terhenti sama sekali. AS juga menunda misi antariksa berawak hingga adanya roket angkut baru yang kemungkinan baru tersedia tahun 2017 mendatang. Rusia sendiri menyatakan misi antariksa berawak sudah bukan lagi jadi prioritasnya, sementara roket-roket pembawa astronautnya sudah cenderung menua teknologinya.

bas/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya