China Bangun 110 Silo Rudal di Timur Xinjiang

China membangun lebih dari 110 silo atau bangunan di bawah tanah tempat menyimpan peluru kendali atau rudal.
China Bangun 110 Silo Rudal di Timur Xinjiang

Solopos.com, JAKARTA — Amerika Serikat dibuat khawatir setelah sebuah laporan menunjukkan bahwa China sedang membangun lebih dari 110 silo atau bangunan di bawah tanah tempat menyimpan peluru kendali atau rudal. Ke-110 silo rudal yang disiapkan China itu dibangun pasukan di timur wilayah Xinjiang.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (28/7/2021), Federation of American Scientists atau FAS alias Federasi Ilmuwan Amerika melaporkan bahwa gambar satelit menunjukan China sedang membangun ladang silo baru. Letaknya di dekat Hami, bagian timur Xinjiang.

Baca Juga: Penerima Sinovac Tak Masuk Data Vaksinasi Nasional Singapura

Laporan ini muncul beberapa pekan setelah pembangunan 120 silo rudal di Yumen, sebuah daerah gurun sekitar 380 kilometer ke tenggara. “Ini kali kedua dalam dua bulan publik menemukan yang kami sebut sebagai peningkatan ancaman yang dihadapi dunia dan tabir kerahasiaan yang mengelilinginya,” kata Komandan Strategi AS dalam tweet-nya.

Kementerian Luar Negeri AS menyatakan kekhawatirannya terhadap pembangunan nuklir China dan menyebut Beijing menyimpang dari strategi nuklir yang dibuat puluhan tahun lalu yang didasarkan pada pencegahan minimal. Mereka menyeru kepada China agar ikut dalam langkah-langkah praktis untuk mengurangi risiko destabilisasi perlombaan senjata.

Hulu Ledak Nuklir

Sebuah laporan Pentagon pada 2020 memperkirakan persediaan hulu ledak nuklir China di angka 200-an dan diprediksi akan meningkat dua kali lipat seiring dengan perluasan dan modernisasi yang dilakukan pasukan China.

Sementara itu, analis mengatakan Amerika Serikat memiliki sekitar 3.800 hulu ledak. Menurut lembar fakta Kementerian Luar Negeri, 1.357 di antaranya dikerahkan pada 1 Maret.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago