SOLOPOS.COM - Mentan SYL saat menghadiri puncak peringatan dies natalis Fakultas Hukum Universitas Hassanudin (Unhas) Makasar, Rabu (17/3/2021). (Istimewa-Kementan)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kaget saat meninjau karkas beku yang akan diekspor PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN) karena ukurannya lebih besar dari rata-rata yang Kementan dapatkan.

Mentan melihat karkas/daging beku yang lengkap beserta kepala dan kaki atau ceker yang sudah dikemas ukurannya cukup besar, yaitu sebesar 2-2,5 kilogram per ekornya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Rata-rata kami sih ukuran di Kementan itu 1,7 [kilogram], gak jadi 2 [kilogram], ini 2 kg loh,” ujar dia ketika meninjau produk yang akan diekspor di Kantor Pusat PT Charoen Pokphand Tbk, Jakarta Utara, Rabu (13/7/2022).

CPIN sebelumnya menyatakan ayam yang diekspor tersebut merupakan hasil dari seleksi dari beberapa peternakan.

Sementara itu, menurut SYL untuk ke Singapura cukup ekspor karkas tanpa ceker. “Kaki jual tersendiri saja, China kan minta kakinya, 1,5 juta ton saja, jangan semuanya ke Singapura” lanjut SYL sambil tertawa.

Baca Juga: Tragedi Investasi Peternakan Kita

Menurut dia, produksi untuk kaki saja di DKI Jakarta sebanyak 3 juta ton. Artinya ada peluang besar untuk ekspor kaki ayam ke China.

Setelah meninjau, Mentan melepas ekspor produk unggas ke pasar Singapura sebanyak 50 ton senilai Rp2 miliar. Sementara untuk total yang akan diekspor nantinya sebanyak 1.000 ton hingga akhir 2022.

“Kami sama-sama berbahagia hari ini karena produk pertanian Indonesia hari ini kami lepas ekspornya bersama PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. ke Singapura, Jepang, dan Timor Leste. Untuk Singapura, ini kali pertama kami masukkan unggas, artinya Indonesia masih mendapat kepercayaan dunia, ” ujarnya setelah melepas ekspor perdana unggas.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul CPIN Ekspor Daging Ayam ke Singapura, Mentan Kaget Lihat Ukurannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya