SOLOPOS.COM - Kepala Satpol PP Solo Arif Darmawan. (Solopos-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menerjunkan sekitar 100 petugas gabungan untuk mengawal kegiatan Car Free Day atau CFD di Jl Slamet Riyadi dan sebagian Jl Jend. Sudirman Solo yang dibuka kembali pada Minggu (13/5/2022).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo Arif Darmawan menjelaskan tim gabungan akan bersiaga sejak pukul 04.30 WIB. Tim yang bergabung, lanjut dia, antara lain Satpol PP Solo, Dinas Perhubungan Solo, Dinas Pedagangan Solo, TNI/Polri, dan Linmas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami, Linmas dan Satpol PP memakai sepeda. TNI/Polri stay atau berjalan melakukan penjagaan,” kata dia kepada wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (15/5/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan sebagian besar petugas bakal bersiaga di jalur city walk yang bebas dari lapak pedagang kaki lima (PKL). Petugas akan memindahkan PKL yang menempati kawasan steril ke ruang yang telah ditentukan.

“Mengenai pengawasan prokes [protokol kesehatan], yang berolahraga lebih baik tak memakai masker namun kami melihat situasi. Yang duduk-duduk tanpa masker kami ingatkan,” jelasnya.

Baca juga: Lokasi CFD Solo Tak Berubah, Warga Disarankan Pakai Bus BST

Menurut Arif, para petugas memberikan imbauan saja kepada warga yang beraktivitas di CFD Solo. Selain menghindari persebaran Covid-19, petugas mendorong supaya PKL mengantisipasi penularan hepatitis akut.

Dibagi Beberapa Zonasi

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Solo sudah memberikan lampu hijau kepada para pedagang kaki lima (PKL) untuk menggelar lapak di city walk CFD Solo, Minggu (15/5/2022). Dengan demikian, CFD Solo bisa menampung 1.118 PKL yang dibagi dalam beberapa zonasi.

Selain di city walk, beberapa zona yang disiapkan untuk lapak PKL berada di sejumlah halaman kantor maupun fasilitas publik lain. Perinciannya di halaman Kantor Dinas Sosial Solo mampu menampung 26 PKL, Kantor Dinas Tenaga Kerja 11 PKL, sekitar Grha Wisata Niaga 137 PKL.

Baca juga: CFD Solo Dibuka Lagi Besok Minggu, Ini Lokasi Parkir Kendaraan Bermotor

Kemudian halaman Galabo 251 PKL, Benteng Vastenburg 550 PKL, dan Balai Kota Solo sisi selatan 137 PKL. “Itu adalah diprioritaskan PKL warga Solo, KTP Solo yang sudah terdaftar dan mendaftar. Jadi kalau mereka belum mendaftar dan terdaftar belum diizinkan,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, Jumat (13/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya