Cerita Warga Solo Kaget Rasakan Gempa 10 Detik hingga Berhamburan Keluar Mal
Solopos.com|news

Cerita Warga Solo Kaget Rasakan Gempa 10 Detik hingga Berhamburan Keluar Mal

Gempa bumi yang berpusat di Malang turut dirasakan warga di daerah lain di antaranya di Solo dan Kota Madiun.

Solopos.com, SOLO — Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 yang kemudian direvisi menjadi magnitudo 6,1, berpusat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB, turut dirasakan warga Solo, Jawa Tengah.

“Iya, kerasa banget gempanya, ada mungkin 10 detik. Saya sedang rebahan di kamar, jadi terasa lalu kaget,” kata warga Serengan, Solo Afifah, kepada Solopos.com, Sabtu.

Hal serupa diungkapkan Andy. Saat itu ia dan temannya berada di salah satu pusat perbelanjaan di Solo.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Malang Siang Ini

Ia pun reflek langsung keluar mal mengikuti sebagian besar pengunjung. “Jadi sepi, gempa oh my god, pada keluar semua dari mal,” ujar dia.

Selain di Solo, warga Kota Madiun Jawa Timur juga turut merasakan getaran gempa siang tadi. Salah seorang warga Kota Madiun, Arif, mengaku merasakan guncangan beberapa detik. Dia mengaku sempat keluar dari rumah karena takut terjadi sesuatu.

"Tadi terasa guncangan. Saya keluar ke jalan dan berdoa," kata dia.

Baca juga: Getaran Gempa M 6,7 di Malang Terasa hingga Jogja

Sebelumnya diberitakan, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan pusat gempa siang tadi berada di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Jenisnya gempa tektonik. BMKG sempat menyebut kekuatan gempa magnitudo 6,7 namun kemudian direvisi menjadi magnitudo 6,1.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km." ujar Bambang dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Baca juga: Warga Malang Panik Guncangan Terasa Lama, BMKG Revisi Skala Gempa




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago