SOLOPOS.COM - Ustaz Yusuf Mansur. (Liputan 6)

Solopos.com, JAKARTA — Keajaiban sedekah adalah salah satu konsep ajaran Islam yang ditekankan Ustaz Yusuf Mansur dalam setiap ceramah. Dia pernah menceritakan pengalamannya dapat melunasi utang Rp1,4 miliar dengan bersedekah.

Yusuf Mansur mengatakan, salah satu keutamaan sedekah adalah menghapus dosa. Sedekah tidak akan mengurangi harta, tetapi justru melipatgandakannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi waktu itu saya punya utang Rp1,4 miliar. Nah, bagaimana caranya supaya itu utang lunas? Saya dan istri buat formula supaya itu utang lunas. Jadi saya harus bersedekah 10 persen per puluhan dari utang itu,” kata Ustadz Yusuf Mansur saat menyampaikan keajaiban sedekah dalam acara Aqiqah Berjamaah bersama Jood Ali Jaber binti Syekh Ali Jaber yang digelar secara virtual pada 2018, seperti dikutip dari NU Online, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Keajaiban Sedekah Yusuf Mansur: Jemaah Datang Naik Mobil-Pulang Ngojek

Dalam sesi tersebut dia mengutip firman Allah dalam surat Al An’am ayat 160. “Barang siapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) 10 kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS Al-An’am: 160)

Dia menambahkan pahala satu sedekah dilipatgandakan menjadi 10. Berdasarkan teori itulah dia mengklaim utang sebesar Rp1,4 miliar dapat dilunasi dengan sedekah Rp140 juta.

Baca juga: Dituduh Penipu, Ustaz Yusuf Mansur: Saya Terima

“Total sedekah yang saya keluarkan saat itu sebanyak Rp420 juta. Jadi karena saya menginginkan masa depan yang baik dan menangkal keburukan, maka Rp140 juta saya kalikan tiga, untuk melunasi utang, kebaikan, dan menangkal keburukan,” papar ayah dari Wirda Mansur ini.

Guna mencapai tujuan tersebut, Ustaz Yusuf Mansur menuliskan hajatnya dalam secarik kertas yang dibawa salat dan berdia bersama sang istri. Secara bertahap dia mengklaim hajatnya itu dapa tercapai.

“Alhamdulillah, enggak tahu dari mana saja, sampai tuh sedekahnya Rp420 juta,” jelas dia.

Yusuf Mansur mengatakan, modal mencapai sesuatu adalah niat dan keyakinan terhadap kekuasaan Allah. Hal itulah yang dia pegang teguh dan disampaikan kepada para jemaahnya.

Cerita Jemaah

Bahkan ajaran tentang kejaiban sedekah yang digaungkan Ustaz Yusuf Mansur menjadi pegangan bagi para jemaah. Ada banyak cerita dari para jemaahnya tentang sedekah.

Salah satunya ada jemaah yang datang membawa mobil lalu pulangnya naik ojek. Usut punya usut ternyata mobil tersebut disedekahkan di acara pengajian tersebut.

“Alasannya beliau bersedekah karena ingin punya keturunan. Pulangnya pinjam uang Rp50.000 ke panitia buat ongkos pulang. Tapi sampai sekarang beliau belum juga punya keturunan,” kata Arief, event organizer (EO) yang kerap mengurusi acara dai kondang tersebut di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Berapa Tarif Ceramah Ustaz Yusuf Mansur? Ini Jawabannya

Dirinya sendiri pernah bersedekah sepeda motor karena berharap mobil namun tidak kesampaian hingga saat ini.

Sebagai jemaah yang kagum dengan Yusuf Mansur, Arief berharap cucu dari tokoh bangsa mendiang K.H. Mas Mansur itu menyelesaikan masalah yang menerpanya. Jika itu terjadi, kekagumannya akan kembali seperti semula.

“Saya sangat sayang dengan beliau, sampai sekarang. Dulu saya menelan mentah-mentah semua isi kutbah beliau. Makanya saat beliau diberitakan jelek itu saya marah,” sambung dia.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Arief pun merenungi kekagumannya terhadap Ustaz Yusuf Mansur, termasuk tentang ajaran sedekah.

“Tapi makin ke sini makin merenung, kok iya juga ya. Soal sedekah itu saya mengalami sendiri. Sebagai seorang jemaah saya selalu berdoa semoga beliau segera menyelesaikan kewajibannya. Saya masih menyimpan benih-benih harapan itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya