SOLOPOS.COM - Toko Roti Go, toko roti paling tua di Indonesia (Facebook/ Roti Go)

Solopos.com, BANYUMAS — Selain memiliki panorama alam yang indah serta kuliner yang khas, di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah juga berdiri sebuah unit usaha berupa toko roti yang sangat bersejarah dan merupakan yang tertua di Indonesia.

Dilansir dari sebuah kanal Youtube, Senin (24/1/2022), toko roti itu bernama Roti Go. Unit usaha bakery ini didirikan pada tahun 1898 oleh pasangan suami istri keturunan Tionghoa bernama Go Kwek Ka dan Oei Pak Ke Nio yang juga bagian dari keluarga Kesultanan Cirebon saat itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini, Toko Roti Go yang berlokasi di Jl Jendral Sudirman No 82 dikelola pasangan suami istri yang merupakan generasi ketiga, yaitu Rosani Wiogo dan FX Pararto Widjaja. Penamaan ‘Go’ ini diambil dari marga Tionghoa dari pendiri pertama, yaitu Go Kwek Ka. Berdasarkan penjelasan dari pengelola, roti yang diproduksi di toko ini masih otentik sejak awal didirikan, yaitu tanpa menggunakan tambahan pengawet dan tanpa pengembang roti buatan.

Baca Juga: Berusia 124 Tahun, Ini Toko Roti Tertua Indonesia di Purwokerto

Bahkan tungku yang digunakan untuk memanggang roti masih menggunakan tungku awal toko ini dibuka yang saat itu basis konstruksinya menggunakan gula jawa yang sudah dihancurkan dan dimasak sebagai landasan panggangan di dalamnya. Namun saat ini, tungku yang sudah berumur satu abad lebih itu sudah dipoles.

Rosani menjelaskan bahwa awal dulunya membuka toko roti ini karena saat itu di Indonesia belum ada toko roti sehingga keluarga Go ini berinisiatif untuk membuka toko roti. Karena menggunakan bahan-bahan tradisional, roti-roti yang dijual ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Varian roti yang dijual bervariasi, mulai dari roti manis, roti isi selai stroberi, roti isi selai nanas, roti isi pisang, roti kopibrood/coklatbrood hingga beragam macam aneka kue kering.

Berdasarkan ulasan naravlog, kue-kue kering yang dijual itu sudah ada sejak toko roti tertua di Indonesia ini dibuka, seperti lidah kuncing dan kue jahe. Untuk lidah kucing memiliki rasa yang tidak terlalu manis sehingga bagi yang ingin mengurangi gula sangat cocok menyantap roti tersebut. Sedangkan kue jahe memiliki rasa jahe yang kuat karena dibuat dari jahe asli.

Baca Juga: Curi Pohon Jati Untuk Perbaiki Rumah, 2 Warga Grobogan Ditangkap

Sedangkan roti modernnya, seperti roti manis, tidak ada isi di dalamnya namun memiliki rasa manis yang kuat. Sedangkan roti coklatbrood memiliki isian berupa kacang dan coklat yang dipadatkan. Roti ini sangat cocok disantap di pagi hari untuk mengganjal rasa lapar. Harga roti yang dijual dari harga Rp3.000 per item. Toko roti ini selalu ramai dikunjungi oleh para pendatang yang sedang berkunjung ke Kabupaten Banyumas untuk berlibur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya