SOLOPOS.COM - Salah satu nasabah BRI yang menerima bibit dari program BRI Menanam, Ujang Ica Supriatna, warga Desa Sukajaya, Kabupaten Lembang, Bandung Barat menanam bibit tanaman produktif melalui program BRI Menanam. (Istimewa)

Solopos.com, LEMBANG — Cerita nasabah tentang manfaat program BRI Menanam setelah menerima bibit pohon produktif dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Salah satu nasabah BRI yang menerima bibit dari program BRI Menanam, Ujang Ica Supriatna, warga Desa Sukajaya, Kabupaten Lembang, Bandung Barat. Ujang menceritakan BRI tak hanya memberikan kredit modal usaha, tapi juga bibit tanaman produktif melalui program BRI Menanam.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Ujang merupakan nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mendapatkan manfaat dari program BRI Menanam. Menurut Ujang program tersebut memberikan beragam manfaat.

Dia mengapresiasi upaya BRI mendongkrak produktivitas pelaku usaha agar bisa naik kelas sekaligus menghadirkan tambahan manfaat bagi masyarakat. Salah satu caranya BRI memberikan bibit tanaman produktif saat nasabah mencairkan kredit.

“Dengan BRI Menanam, saya ingin membuktikan lahan yang dulu tidak produktif bisa menjadi lahan produktif. Bibit dari BRI akan saya tanam. Sebagai nasabah, saya sangat terbantu. BRI meningkatkan ekonomi saya dan keluarga serta memberikan peran terhadap lingkungan,” ungkap Ujang seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga : Kisah Petani Lepas dari Jeratan Rentenir Berkat Akses Modal Ultra Mikro

Ujang berharap langkah positif BRI bermanfaat bagi kelestarian alam untuk jangka panjang.

“Mari belajar untuk anak cucu. Kita merawat hutan dan sayangi lingkungan. Terima kasih kepada BRI atas inisiatif dalam membantu kami melestarikan alam dan mendorong lebih produktif,” tuturnya.

Masyarakat Merasakan Manfaat

Seperti diketahui, BRI melalui program BRI Menanam menargetkan 754.000 bibit ditanam pada tahun 2022. Hingga akhir September 2022, BRI Menanam telah berhasil menyalurkan dan menanam 376.000 bibit pohon.

Alokasi penyaluran 754.000 bibit tanaman dari target tahun 2022 yakni 376.000 bibit untuk lahan desa, 227.000 bibit untuk nasabah eksisting KUR BRI Unit, dan 151.000 bibit untuk nasabah baru KUR BRI Unit sampai akhir September 2022.

Baca Juga : Layanan Senyum, Upaya BRI Tingkatkan Inklusi Keuangan

Penyaluran bibit pohon ini dijalankan melalui 799 BRI unit, 236 Branch Office, dan 17 Regional Office BRI di berbagai wilayah Indonesia.

Berikutnya, target program BRI Menanam pada 2023 meningkat menjadi 1 juta bibit. Jenis bibit tanaman yang diberikan ialah pohon produktif sehingga selain dapat menyerap karbon juga memberikan nilai lebih. Masyarakat dapat memanfaatkan hasilnya.

Jenis bibit pohon yang telah dibagikan di antara durian sebanyak 33,64%, mangga sebanyak 22,45%, alpukat sebanyak 21,80%, jambu sebanyak 5,79%, jeruk sebanyak 2,39%, dan jenis pohon lain sebanyak 14,65%.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama BRI, Sunarso, menyampaikan bahwa inisiatif program BRI Menanam dapat dinikmati berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, semakin meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga ketahanan iklim.

Pemberdayaan Masyarakat

Baca Juga : Dukung G20, BRI Dorong Pemerataan Ekonomi Melalui Holding Ultra Mikro

Program BRI Menanam, lanjutnya, juga menjadi wujud nyata BRI yang hadir untuk melakukan pemberdayaan masyarakat.

Inisiatif BRI sebagai salah satu mitra strategis pengembangan ekonomi lokal terus digenjot pada pengembangan UMKM dan juga ultra mikro. BRI terus hadir untuk memberdayakan dan mengedukasi pelaku usaha.

Tak hanya itu, BRI mencoba mendatangkan nilai ekonomi dan sosial dari setiap inisiatif yang dilakukan. Salah satunya melalui BRI Menanam.

BRI Menanam menandai langkah strategis BRI dalam merealisasikan prinsip ESG serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia di tahun 2030.

Sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden No.59/2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tanggal 4 Juli 2017.

Baca Juga : Yayasan Hang Tuah dan BRI Permudah Belajar dari Rumah Pakai Junio Smart

“BRI terus berkomitmen memberikan economic dan social values bagi seluruh pemangku kepentingan. Hal tersebut dapat dicapai melalui implementasi program BRI Menanam yang dapat memberikan manfaat pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan,” tuturnya melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya