Cerita Misteri Bus Hantu Banyuwangi-Surabaya, 5 Menit Sampai

Masih ingatkah Anda tentang kisah misteri bus hantu jurusan Banyuwangi-Surabaya yang bisa ditempuh dalam waktu hanya lima menit?

Senin, 4 Juli 2022 - 12:07 WIB Editor: Chelin Indra Sushmita | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus hantu Banyuwangi-Surabaya. (Facebook/Sejarah Transportasi)

Solopos.com, BANYUWANGI — Banyak hal unik terkait cerita bus antar-kota dalam sejarah transportasi Indonesia. Salah satunya adalah kisah misteri bus hantu jurusan Banyuwangi-Surabaya.

Konon menurut cerita yang beredar, bus yang menempuh perjalanan sejauh 300 km ini hanya memakan waktu lima jam. Kisah misteri ini kabarnya terjadi pada 1997 dan menghebohkan waga.

Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (4/7/2022), bus tersebut seolah-olah nyata karena menyediakan tiket untuk penumpang. Nama bus itu adalah Bus Darah.

Cerita misteri tentang bus hantu jurusan Banyuwangi-Surabaya itu sempat menghebohkan itu bermula dari pengakuan seorang wanita yang kaget saat mengetahui jarak tempuh dari Banyuwangi menuju Surabaya hanya lima menit. Padahal, perjalanan normal memakan waktu lima hingga enam jam.

Penumpang itu turun di Terminal Bungurasih, Surabaya, dan membawa karcis bus darah. Dia mengaku bus itu penuh dengan penumpang yang semuanya diam.

Baca juga: Misteri Hargo Dalem Gunung Lawu, Tempat Paling Sakral di Tanah Jawa

Pengakuan penumpang itu pun membuat kru bus dan petugas di terminal Surabaya mencoba mengejar kendaraan yang dimaksud. Namun, mereka kehilangan jejak.

Menurut penuturan si wanita itu, semua penumpaang dalam bus hantu Banyuwangi-Surabaya itu memakai baju putih dengan wajah tertutup kain. Dia mengira mereka adalah rombongan yang hendak berwisata ke Bali.

Wanita itu mengaku tidak ada yang aneh selama di perjalanan. Namun, baru lima menit naik dia pun diturunkan di pintu masuk terminal. Bus itu melanjutkan perjalanan begitu saja.

Baca juga: Pesona Wisata Kawah Ijen, Suguhkan Indahnya Alam di Banyuwangi

Si wanita itu pun kemudian dihampiri petugas terminal karena terlihat linglung. Saat ditanya, dia mengaku lima menit lalu menumpang bus dari Banyuwangi menuju ke Surabaya.

Menurut cerita masyarakat setempat, kendaraan yang ditumpangi wanita itu adalah bus hantu Banyuwangi-Surabaya.

Berdasarkan catatan sejarah, pada 1965 lalu sempat terjadi kecelakaan bus jurusan Surabaya-Banyuwangi. Bus itu terjun ke jurang yang menewaskan semua penumpangnya. Sampai saat ini keberadaan bus hantu itu dikaitkan dengan kecelakaan tersebut.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif