SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir memantau kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, dalam menyambut KTT G20. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022. Menteri BUMN Erick Thohir memantau langsung berbagai persiapan jajaran BUMN untuk menyongsong KTT G20 tersebut.

Indonesia secara secara resmi memegang Presidensi Group of Twenty (G20) selama setahun penuh mulai dari 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di November 2022.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Serah terima presidensi dari Italia selaku Presidensi G20 2021 kepada Indonesia dilakukan secara langsung pada 31 Oktober 2021 di Roma, Italia.

Baca Juga: Sulit Terulang! Ini 3 Manfaat Indonesia Jadi Presidensi G20 2022

Presidensi G20 mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Melalui tema ini, Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bersama-sama mencapai pemulihan yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Semakin terintegrasinya perekonomian global, keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di suatu negara tidak akan dapat bertahan lama apabila tidak diikuti oleh keberhasilan yang sama di negara-negara lain.

Melalui forum G20 tersebut, Indonesia berkesempatan mendorong upaya kolektif dunia mewujudkan kebijakan yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi global secara inklusif.

Menteri BUMN Erick Thohir kunjungan Bali G20
Menteri BUMN Erick Thohir mencoba teknologi 5G saat kunjungan di Bali. (Istimewa)

Berikut catatan Menteri BUMN Erick Thohir yang dibagikan melalui WhatApp saat melakukan kunjungan ke beberapa BUMN di Bali untuk memantau kesiapan menyonsong Presidensi G20.

Baca Juga: Tak Main-Main! Anak Muda Punya Peran Besar Tentukan Arah Presidensi G20

Saya telah melakukan kunjungan ke beberapa BUMN di Bali, guna mengecek kesiapan BUMN dalam mendukung Bali menjadi menjadi Tuan Rumah Acara G20 tahun depan, antara lain ke PLN, Telkom, ITDC, Pelindo, Jasa Marga, dan Angkasa Pura I.

Menteri BUMN Erick Thohir kunjungan Bali G20 (5)
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu jajaran PLN untuk memantau kesiapan KTT G20 di Bali. (Istimewa)

Kunjungan ke PLN, saya memastikan kesiapan mendukung kebutuhan listrik selama kegiatan G20. Selain itu, juga terkait infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), sebagai komitmen BUMN dalam mendukung penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Saya juga mengunjungi Kawasan ITDC di Nusa Dua yang menjadi venue acara G20. Mulai dari melihat kesiapan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) sebagai salah satu venue utama, BIMC Siloam Nusa Dua sebagai layanan Kesehatan, serta memastikan seluruh tenant di Kawasan Nusa Dua telah memperoleh sertifikasi CHSE.

Menteri BUMN Erick Thohir kunjungan Bali G20
Menteri BUMN Erick Thohir juga memantau kesiapan ITDC Nusa Dua
dan fasilitas di BNDCC dan Peninsula. (Istimewa)

Baca Juga: Angkasa Pura I Berharap Bonus dari G20 dan MotoGP 2022

Selain itu, saya juga memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan dukungan jaringan dari Telkom, serta kesiapan Pelindo dan Jasa Marga terkait dengan dukungan untuk akses transportasi dan logistik. Pelindo melalui Bali Maritime Tourism Hub, saya dorong untuk melakukan penghijauan berupa taman di area Pelabuhan Benoa. Penghijauan juga saya dorong di Jasa Marga, di Jalan Tol Bali Mandara untuk beautifikasi, antara lain melalui penanaman Mangrove dan pembuatan taman di area gerbang tol.

Menteri BUMN Erick Thohir kunjungan Bali G20
Menteri BUMN Erick Thohir memantau kesiapan tol Bali Mandara. (Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir kunjungan Bali G20 (1)
Menteri BUMN Erick Thohir melihat kesiapan Pelindo menyambut KTT G20. (Istimewa)

Terakhir, tidak lupa saya berkunjung ke Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dikelola Angkasa Pura I, untuk memastikan infrastruktur Bandara siap menerima dan menyambut seluruh peserta G20 dari mancanegara.

Menteri BUMN Erick Thohir kunjungan Bali G20 (2)
Menteri BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (Istimewa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya