SOLOPOS.COM - Rombongan selamat dari kecelakaan bus di Sarangan tiba di Semarang, Minggu (4/12/2022) malam. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Bus PO Semeru Putra Transido berpelat nomor H 1469 AG yang mengangkut rombongan wisatawan asal Kelurahan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), mengalami kecelakaan di Jalan Raya Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), Minggu (4/12/2022). Berikut kesaksian korban yang selamat dari insiden bus yang masuk ke jurang saat hendak ke objek wisata Telaga Sarangan itu.

Rombongan wisatawan yang selamat dari tragedi itu tiba di Kelurahan Manyaran, Kota Semarang, pada Minggu malam sekitar pukul 20.25 WIB. Isak tangis menyambut kedatangan warga saat tiba kembali ke kampung halamannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seorang penumpang bus yang selamat dari kecelakaan di Jalan Raya Sarangan itu, Tukijan, 62, mengatakan bus yang ditumpanginya tiba terlebih dahulu di lokasi wisata Telaga Sarangan sekitar pukul 11.00 WIB. Sedangkan bus yang jatuh ke jurang, tak terlihat di lokasi wisata meskit rombongannya sudah menunggu sekitar 10 menit.

“Terus ada yang memberi tahu kalau bus PO Semeru masuk jurang. Begitu dapat informasi, langsung pada berkumpul semua dan memutuskan pulang,” ujar Tukijan, Minggu malam.

Tukijan pun tak menampik bila kondisi jalan menuju tempat wisata sangat berbahaya atau curam. Bahkan, ia mengaku trauma dan enggan berwisata kembali ke Sarangan.

Baca juga: Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Sarangan, 7 Orang Dilaporkan Meninggal

“Parah [kondisi jalan]. Sesudah kejadian saya kalau lewat sana [jalur Sarangan] lagi takut. Trauma. Enggak mau lagi,” pungkas dia.

Terkait bus yang mengalami kecelakaan jatuh ke jurang saat hendak menuju Sarangan, Tukijan menyebut ada dugaan bus tersebut mengalami rem blong. Kendati demikian, ia tak mengetahui secara pasti karena tidak berada dalam bus tersebut.

“Informasi yang kami terima, radiator bus itu juga sempat panas. Terus saat di jalan juga mau menabrak kendaraan lain, tapi pastinya saya kurang tahu karena tiba lebih dulu di Telaga Sarangan,” jelasnya.

Baca juga: Rem Rusak, Ini Kronologi Bus Pariwisata Semarang Jatuh ke Jurang Sarangan

Terlihat, ada puluhan orang yang turun dari rombongan bus yang selamat dari kecelakaan di Manyaran, Semarang. Mereka tiba dengan penuh haru. Bahkan, beberapa orang terlihat menangis saat ditemui anggota keluarga yang memilih untuk tidak ikut serta dalam rombongan wisata tersebut.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, bus yang mengangkut puluhan wisatawan dari Semarang jatuh, masuk ke jurang di Jalan Raya Sarangan, atau jalan tembus Cemoro Sewu-Sarangan, tepatnya di atas Wisata Lawu Green Forest, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Minggu sekitar pukul 11.00 WIB. Bus berpelat nomor H 1470 AG itu lebih dulu menabrak guard rail atau pembatas jalan sebelum akhirnya jatuh ke jurang sedalam 20 meter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya