SOLOPOS.COM - Ketua TP PKK Klaten, Endang Yoga Hardaya beserta rombongan saat berkeliling di Sedayu, Kecamatan Tulung, Senin (15/11/2021). Kehadiran Endang Yoga Hardaya untuk menilai kegiatan PKK di Desa Sedayu.  (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN—Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Klaten, Endang Yoga Hardaya, diarak keliling desa dengan andong saat berkunjung ke Desa Sedayu, Kecamatan Tulung, Senin (15/11/2021).  Kehadiran Endang Yoga Hardaya beserta rombongan guna memberikan penilaian dan mengecek langsung pelaksanaan program PKK di Desa Sedayu, Kecamatan Tulung.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Endang Yoga Hardaya beserta rombongan tiba di Kantor Desa Sedayu, Kecamatan Tulung, Senin (15/11/2021) pagi. Setelah melihat aktivitas di kantor desa, Endang Yoga Hardaya diarak keliling desa dengan menggunakan andong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada kesempatan itu, Endang Yoga Hardaya ingin melihat secara langsung kegiatan yang dimiliki PKK Sedayu. Beberapa hal yang dinilai rombongan TP PKK Klaten, seperti kegiatan posyandu, PAUD, gerakan Hatinya PKK, dan lainnya.

Baca Juga: Satpam Korban Perampokan di Solo Dikenal Aktif Berkegiatan Sosial

Di sepanjang perjalanan kurang lebih dua kilometer itu, masyarakat di Sedayu menyambut Endang Yoga Hardaya dengan antusias. Di antara warga ada yang memotret dan mengambil video saat melihat perjalanan Endang Yoga Hardaya menuju ke lokasi kegiatan PKK di Desa Sedayu.

Di desa tersebut, Endang Yoga Hardaya juga sempat memanen lele, memetik buah pisang, dan mencicipi buah durian.

“Sebenarnya kami ingin yang sederhana. Penyambutan di sini terbilang mewah. Saya pun kaget ada andong juga. Tapi yang terpenting di sini, kami ingin mengecek langsung kegiatan PKK di Sedayu. PKK harus dapat membantu kesejahteraan keluarga,” kata Endang Yoga Hardaya, saat ditemui Solopos.com, di Sedayu, Kecamatan Tulung, Senin (15/11/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Pelajar Tuntas, PTM Terbatas di Boyolali Diperluas

Endang Yoga Hardaya mengatakan TP PKK Klaten baru saja memilih enam PKK tingkat desa yang terbaik di bidang administrasi. Selain Sedayu (Tulung), beberapa PKK desa yang terpilih enam besar dalam penilaian di bidang administrasi, di antaranya Glagah (Jatinom), Ngaran (Polanharjo), Bugisan (Prambanan), dan Ngabeyan (Karanganom).

“Kami akan datangi satu per satu enam besar itu. Hari ini yang pertama di Sedayu. Hasil dari pengecekan di lapangan ini akan menentukan juaranya. Nantinya, juara I berhak mewakili Klaten di tingkat Jateng,” katanya.

Pelaksana Tugas (PLt) Camat Tulung, Hendri Pamungkas, berharap PKK Sedayu dapat memenangi lomba tertib administrasi PKK di tingkat kabupaten. Dengan meraih juara, dapat menjadi nilai plus bagi Desa Sedayu di waktu mendatang.

Baca Juga: Proyek Jalan 2022 di Klaten Digelontor Rp100 Miliar

“Selain Sedayu yang tertib administrasi PKK, di Kecamatan Tulung juga ada Desa Mundu yang maju di bidang Hatinya PKK,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Sedayu, Kecamatan Tulung, Sri Kuatno, mengatakan PKK di desanya merupakan satu dari enam PKK terbaik di bidang administrasi di wilayah Klaten. Di desanya, keberadaan pengurus PKK telah berkontribusi memberdayakan masyarakat desa. Hal itu seperti menanam sayuran di pekarangan, budidaya lele, menanam singkong, dan lainnya.

“Kami optimistis memperoleh juara [dalam lomba tertib administrasi PKK]. Saat ini, kami menikmati prosesnya terlebih dahulu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya