SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerhana bulan. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Geofisika Banjarnegara menyatakan gerhana bulan bisa diamati di seluruh wilayah Jawa Tengah (Jateng) pada Selas (8/11/2022) sore, sekitar pukul 17.56 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Heri Susanto Wibowo, mengatakan gerhana bulan total tersebut bisa diamati di 35 kabupaten/kota di Jateng. Bahkan, fenomena alam itu disebut bisa dilihat dengan mata telanjang atau tanpa menggunakan peralatan khusus.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“[Gerhana bulan total] akan berlangsung hingga pukul 20.57 WIB. Bisa dilihat di seluruh wilayah Jateng dengan catatan cuaca cerah,” ujar Heru kepada Solopos.com, Senin (7/11/2022).

Heri menjelaskan gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi. Sehingga, tidak semua cahayanya menyinari sampai ke bulan.

Lebih lanjut, gerhana bulan total terjadi saat posisi bulan-matahari-bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra atau bayangan inti bumi.

Baca juga: Mitos Bulan Dimakan Batara Kala saat Gerhana

“Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah,” terang dia.

Kendati gerhana bulan total itu dapat dinikmati lantaran keindahanya, Heri tak menampik bila sejumlah wilayah pesisir harus waspada. Sebab, fenomena tersebut dapat berpengaruh terhadap pasang naik air laut.

“Tapi tidak banyak berpengaruh. Karena untuk besok pasang naiknya pada periode rendah, sekitar 80 cm. Namun tetap harus diwaspadai. Khususnya cuaca ekstrem di wilayah Jateng,” jelasnya.

Baca juga: Daerah di Indonesia yang Bisa Tonton Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Sekadar informasi, pada tahun 2022 ini BMKG Banjarnegara mencatat telah terjadi empat kali gerhana. Yakni dua kalu kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan. Perinciannya, gerhana matahari sebagian (GMS) terjadi pada 30 April, gerhana bulan total (GBT) pada 16 Mei, gerhana matahari sebagian (GMS) pada 25 Oktober dan gerhana bulan total pada 8 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya