Cek Jogo Tonggo di Karanganyar, Ganjar Nyumbang Tilik Bayi dari Ibu Terkonfirmasi Covid-19
Solopos.com|soloraya

Cek Jogo Tonggo di Karanganyar, Ganjar Nyumbang Tilik Bayi dari Ibu Terkonfirmasi Covid-19

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, tilik bayi dan nyumbang di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR—Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, tilik bayi dan nyumbang di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (12/6/2021).

Tetapi, bukan sembarang tilik bayi dan nyumbang. Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah itu mengunjungi rumah ibu yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pascamelahirkan.

Ganjar mengunjungi rumah Suripto, warga Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso. Istri Suripto, Listyanti, dinyatakan positif Covid-19 saat akan melahirkan. Suripto menceritakan hal itu kepada Ganjar.

“Istri saya positif [Covid-19]. Ini isolasi mandiri di rumah. Tes [swab PCR Covid-19] menjelang melahirkan. Hasil tes keluar, istri saya positif [Corona],” tutur dia.

Baca Juga: Bakal Punya Bangunan Futuristik, SMAN Tawangmangu Jadi Percontohan Center Of Excellence

Listyanti melahirkan anak ketiga sekitar satu pekan lalu. Dia melahirkan anak lelaki yang diberi nama Rizki Bagus Tri Antoni. Dia dan suami mengaku kaget mendapatkan kunjungan dari Gubernur Jateng. Listyanti keluar hendak menemui Ganjar, tetapi dia berdiri agak jauh.

“Mboten nggagas saestu Pak Ganjar mriki.[Tidak menyangka Pak Ganja ke sini]. Alhamdulillah, remen sanget [senang sekali]. Matur nuwun sanget, Pak Ganjar maringi kagem bayi kula [terima kasih sekali Pak Ganjar memberi sumbangan untuk bayi saya]," ujar dia.

Ganjar memberikan tali asih untuk keluarga Suripto. Dia menyebutnya dengan nyumbang tilik bayi. "Anaknya dijaga ya Bu. Ndang sehat. Kene aku nyumbang, tilik bayi," kata Ganjar sembari meminta sejumlah uang pada ajudannya.

Baca Juga: Rumah Sakit Soloraya yang Hampir Penuh (Lagi)

Optimalkan Jogo Tonggo

Selain tali asih, Gubernur Jateng juga menyerahkan bantuan paket sembako dan masker. Dia mengingatkan Listyanti dan keluarga agar mengenakan masker dan membatasi interaksi.

“Sementara di dalam rumah dulu, jangan dekat-dekat sama anggota keluarga lain dulu. Pakai masker terus supaya bisa menjaga. Ini anak ketiga, habis ini [program keluarga berencana] KB ya," ujar dia kepada Listyanti.

Ganjar sengaja datang ke salah satu desa di lereng Gunung Lawu itu untuk mengecek pelaksanaan Jogo Tonggo.

Baca Juga: Ibu Hamil di Karanganyar Meninggal Setelah Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dihubungi secara terpisah, Camat Ngargoyoso, Dwi Cahyono, menyampaikan ada sepuluh orang ibu hamil dan akan melahirkan sempat dinyatakan positif Covid-19 di Ngargoyoso.

“Satu sudah melahirkan. Lalu dua orang lain sudah swab test PCR Covid-19 dan hasilnya negatif. Tinggal tujuh orang ibu hamil yang masih dinyatakan positif Covid-19. Kondisi mereka sehat semua dan menjalani isolasi mandiri di rumah,” tutur Dwi saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Selain menjenguk salah satu ibu yang baru saja melahirkan, Dwi menceritakan Gubernur Jateng mengingatkan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro. Selain itu, masyarakat diminta mengoptimalkan peran Jogo Tonggo.

“Pak Gubernur mengingatkan soal PPKM Mikro. Lalu optimalisasi peran Jogo Tonggo. [Kami] diminta sing tenanan, dan disuruh ngetati protokol kesehatan. Pelaksanaan prokes harus dimaksimalkan karena kasus saat ini kan termasuk tinggi.”



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago