[ X ] CLOSE

Cek! Ini Alur Karantina di Benteng Vastenburg Solo bagi Pemudik/Pendatang

Begini alur karantina di Benteng Vasteenburg Solo bagi pendatang maupun pemudik.
Cek! Ini Alur Karantina di Benteng Vastenburg Solo bagi Pemudik/Pendatang
SOLOPOS.COM - Kondisi bangunan Benteng Vastenburg dari sisi barat di Jl. Jenderal Sudirman, Solo, Selasa (1/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Pemkot Solo memperketaat kedatangan wwarga dari luar kota untuk mengantisipasi persebaran Covid-19 di akhir tahun.  Warga dari luar kota yang tidak memiliki tujuan penting untuk datang ke Solo akan dikarantina.

Pemkot Solo sudah menyiapkan rumah karantina di Benteng Vastenburg. Teknisnya, pemudik yang  tiba di terminal, stasiun, atau bandara akan ditanya ke mana tujuannya. Hal itu berlaku bagi semua orang, termasuk yang sudah membawa surat kesehatan yang masih berlaku.

Pendatang dari Luar Kota yang ke Solo Bakal Dicek Kesehatan, Ini Teknisnya!

Cek Kesehatan

Mereka akan menjalani pengecekan kesehatan kemudian ditanya apa tujuan datang ke Solo. Jika hanya untuk berlibur, mereka akan diberi dua alternatif, yakni kembali ke daerah asalnya atau dikarantina di Benteng Vastenburg. Kalaupun pemudik itu lolos sampai ke kampungnya, maka Jogo Tonggo yang akan melapor.

Meski demikian, warga dari luar kota masih dapat melintas, singgah, atau menghadiri undangan di Kota Solo. Tetapi mereka juga harus menjalani pengecekan kesehatan.

Kasus Covid-19  Naik Terus, RS di Solo, Klaten dan Sragen Ini Nyaris Overload

Penjaringan

Nantinya akan ada petugas yang disiagakan menjaring pendatang di Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Jebres, dan Terminal Tirtonadi.

Pemudik atau pendatang akan dijemput dengan bus khusus untuk diantar ke posko Covid-19 24 jam yang didirikan Pemkot Solo.

Selanjutya petugas kesehatan akan melakukan screening, cek suhu tubuh, kondisi kesehatan, dan sebagainya.  Warga yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat Celcius akan menjalani observasi ole petugas.

Harus Karantina Mandiri Karena Kontak Dengan Pejabat Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rudy Wali Kota Solo

Teknis

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, Senin (7/12/2020), mengatakan teknis karantina bagi pendatang dan pemudik itu yakni pemudik tiba di terminal, stasiun, atau bandara wilayah Solo akan ditanya ke mana tujuannya.

Hal itu, ungkap dia, berlaku bagi semua orang, termasuk yang membawa surat kesehatan yang masih berlaku.

"Mereka akan dicek kesehatannya kemudian ditanya tujuan datang ke Solo. Jika hanya untuk berlibur, mereka akan diminta kembali ke daerah asalnya atau karantina di Benteng Vastenburg," ungkap Ahyani yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Solo.

6 Pengikut Habib Rizieq Ditembak Mati, Ini Identitasnya

Pemudik atau pendatang yang tidak ada kepentingan mendesak nantinya akan dikarantina terlebih dahulu.

“Kan kami memiliki beberapa lokasi karantina. Nah yang untuk pemudik di Benteng Vastenburg. Kami akan evaluasi lagi yang seperti apa pendataannya. Kalau mereka mudik dan sifatnya penting sekali bisa atau boleh. Tapi di luar itu, katakan misalnya hanya karena ingin berkerumun pasti ditolak atau dikarantina," jelasnya.

Adapun lokasi karantina berada di Benteng Vastenburg. Masa karantina yang diberlakukan adalah 14 hari.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago