SOLOPOS.COM - Salah satu daging kurban yang ditemukan cacing hati. (Istimewa/Dokumentasi DKPP)

Solopos.com, JEPARA — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertenakan (DKPP) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menemukan cacing hati pada tiga jenis hewan kurban di tiga desa.

Temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan setelah pemotongan (post mortem) hewan kurban pada Minggu (10/7/2022). “Lokasi penemuan cacing hati ada di Desa Nalumsari, Tritis, dan Margoyoso. Hanya di tiga lokasi itu saja,” kata Kepala DKPP Kabupaten Jepara, Mudhofir, saat dikomfirmasi Senin (11/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih rinci, di Desa Nalumsari pihaknya menemukan cacing hati pada hewan kurban sapi sedangkan di Tritis ditemukan pada kambing, dan Margoyoso pada hewan kurban kerbau. Cacing hati pada hewan ternak atau kurban ini menjadi hal yang tak bisa dihindarkan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Karena [cacing hati] siklus makanan yang berawal dari rumput yang di sana ada telur siput sebagai mediatornya. Tahun lalu banyak terjadi di sekitar Kedung sampai Donorojo, daerah pinggiran pantai. Karena paling risiko makanan dari sana [pantai]. Tapi tahun ini bergeser ke daerah selatan,” jelas dia.

Tak hanya itu, cacing hati yang ditemukan pada hewan kurban ini disebut berbahaya bila dikomsumsi manusia. Sehingga, pihaknya memusnahkan bagian dari hewan kurban yang ditemukan cacing hati. “Untuk sosliasiasi, akan selalu ada terus. Kami sampaikan tiap tahun. Tahun kemarin juga berhasil [sosialisasi], karena terjadi pergeseran [temuan cacing hati].”

Baca Juga : 25 Hewan Kurban di Wonogiri Terinfeksi Cacing Hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya