SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil baru Toyota Grand New Avanza. (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA — Penerapan PPnBM nol persen yang berlaku 1 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021 berdampak terhadap penurunan harga jual mobil baru.

Nilai penurunannya ada yang mencapai belasan juta rupiah bahkan ada yang puluhan juta rupiah. Tentu saja, penurunan harga ini diperakan akan menarik minat konsumen untuk belanja mobil baru.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan catatan Solopos.com yang mengutip dari Bisnis.com, mobil segmen LMPV atau mobil keluarga paling banyak masuk dalam daftar penerima insentif pajak tersebut.

Baca juga: Lepas Pengawasan Ortu, Bocah 5 Tahun asal Kulonprogo Meninggal di Resapan Air

Pemerintah memberikan insentif PPnBM nol persen dalam tiga tahap. Setiap tahap berlaku untuk tiga bulan. Pada tahap pertama atau Maret-Mei pemerintah menanggung 100 persen PPnBM. Artinya setiap pembelian mobil baru yang memenuhi ketentuan bebas PpnBM.

Kemudian tahap kedua, Juni-Agustus 2021, pemerintah menanggung 50 persen PPnBM. Dengan demikian konsumen hanya perlu membayar 50 persen tarif PpnBM.

Pada tahap akhir atau September-November 2021, konsumen membayar 75 persen tarif PPnBM. Periode ini pemerintah hanya menanggung 25 persen pajak barang mewah mobil baru.

Baca juga:  Pabrik Briket di Ceper Klaten Kebakaran, Kerugian Capai Rp30 Juta

Saat Tepat Beli Mobil

Tak salah, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyarankan masyarakat yang berniat membeli mobil, melakukannya pada periode Maret-Mei dengan PPnBM nol persen.

“Kalau mau beli mobil sebaiknya sekarang sampai Mei, karena PPnBM-nya seratus persen ditanggung pemerintah,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi video, Senin (1/3/2021).

Adapun ketentuan mobil yang mendapatkan insentif PPnBM nol persen adalah kendaraan penumpang dengan daya angkut kurang dari 10 orang, termasuk sedan, dan berkubikasi mesin maksimal 1.500 cc. Selain itu, mobil juga harus memenuhi syarat penggunaan komponen lokal paling sedikit 70 persen.

Baca juga: Ide Menu Sarapan yang Gak Pake Ribet

Berikut daftar harga baru LMPV dengan PPnBM nol persen berdasarkan situs resmi Toyota untuk mobil Avanza.

Avanza 1.3 E STD MT Rp187,6 juta

Avanza 1.3 E STD AT Rp197,9 juta

Avanza 1.3 E MT Rp189,8 juta

Avanza 1.3 E AT Rp200,2 juta

Avanza 1.3 G MT Rp206,7 juta

Avanza 1.3 G AT Rp216,5 juta

Baca juga: Begini Kondisi Rina Gunawan Sebelum Meninggal Dunia

Selanjutnya harga Toyota Veloz tanpa tambahan PPnBM alias PpnBM nol persen.

Veloz 1.3 MT Rp212,9 juta

Veloz 1.3 AT Rp223,7 juta

Veloz 1.5 MT Rp224,3 juta



Veloz 1.5 AT Rp235,3 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya