SOLOPOS.COM - Hoas surat Pertamina DIY dan Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Surat panggilan yang mengatasnamakan PT Pertamina (Persero) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta beredar ke sejumlah alamat email dan Whatsapp. Surat yang diberi nomor 816/SDM-31704/2020 itu berisi enam lampiran yang tertulis untuk kepentingan panggilan tes seleksi “rekrutmen” karyawan PT Pertamina (Persero).

Surat tersebut memuat keterangan bahwa telah dilakukan evaluasi terhadap lamaran kerja dari si penerima surat. Surat tersebut dikemas seolah-olah surat resmi, lengkap dengan nama penerima dan keterangan kapan akan dilaksanakan tes tahap berikutnya yaitu wawancara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain calon karyawan diminta membawa surat panggilan tes interview, identitas diri, dan pas foto terbaru.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus maka akan langsung tes kesehatan pada keesokan harinya di tempat yang belum diinformasikan.

Cek Fakta: Hati-Hati! Link Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Hoax

Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Solopos.com, Senin (31/8/2020), surat serupa juga beredar beberapa kali dengan format yang berbeda-beda. Pertengahan Januari 2020 beredar surat pengumuman lowongan pekerjaan di sejumlah posisi seperti Bimbingan Profesi Sarjana hingga Bimbingan Keahlian Juru Teknik.

Sedangkan untuk surat yang beredar mengatasnamakan PT Pertamina DIY dan Surakarta, laman resmi Kemenkominfo telah melakukan konfirmasi bahwa surat tersebut adalah tidak benar.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam wawancara dengan Liputan6.com, Minggu (31/8/2020), juga mengkonfirmasi surat tersebut tidak benar. "Kami memang belum membuka lowongan baru saat ini. Selain itu kami juga selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi Pertamina dan website recruitment.pertamina.com," ujar Fajriyah.

Cek Fakta: Tidak Benar Ustaz Yusuf Mansur Meninggal Dunia

Fajriyah menyatakan sudah banyak penipuan dengan modus surat panggilan seperti ini. "Yang jelas PT Pertamina tak pernah memakai pihak ketiga untuk perekrutan karyawan dan tak pernah memungut biaya calon karyawan. Kami berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan surat panggilan atau lowongan dari PT Pertamina. Jika memang ragu bisa menghubungi kami di 1-500-000."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya