SOLOPOS.COM - Alat tes Covid-19 murah meriah dari UGM Jogja. (Istimewa UGM/Detik.com)

Solopos.com, SOLO -- Layanan pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose C19 mulai Jumat (5/2/2021) sudah tersedia di Stasiun Solo Balapan. PT KAI secara resmi meluncurkan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

Uji coba atau pre-launching mulai 3 Februari di Stasiun Pasar Senen Jakarta dan Stasiun Yogyakarta. Per Jumat, KAI menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Gambir dan Solo Balapan. Biaya tes GeNose C19 tersebut hanya Rp20.000.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, mengatakan penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI guna mendukung program pemerintah mencegah Covid-19. Selain itu, penggunaan GeNose sebagai wujud dukungan Bangga Buatan Indonesia.

Baca Juga: Air Sungai Bengawan Solo Hampir Meluap, Warga Pilang Sragen Santuy Jemur Kain Batik

"Uji coba pemeriksaan GeNose kepada pelanggan KA Stasiun Yogyakarta pada 3-4 Februari 2021. Mulai 5 Februari 2021 pelanggan KA bisa melakukan deteksi Covid-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (5/2/2021).

Supriyanto menambahkan layanan ini merupakan hasil sinergi antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) melalui anak usahanya Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Syarat Tes GeNose

Aturan adanya tes tersebut sesuai SE Satgas Covid-19 No 5 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 11 Tahun 2021, yakni pelanggan KA jarak jauh harus menunjukkan surat bebas Covid-19 dari hasil pemeriksaan GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR.

Baca juga: Gerakan Jateng di Rumah Saja, Pelaku Usaha Hiburan Malam Solo Kompak Tutup Total

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Kemudian menyiapkan biaya Rp20.000.

Layanan tes GeNose yang kini sudah tersedia di Stasiun Solo Balapan mensyaratkan beberapa hal. Selama 30 menit sebelum pemeriksaan, calon penumpang tak boleh merokok, makan, dan minum (kecuali air putih). Hal ini untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Pada saat pemeriksaan calon penumpang diminta meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk di lokasi pemeriksaan. Hasil pemeriksaan negatif berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkan. Keterangan hasil ini dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA jarak jauh.

Baca Juga: Pria Meninggal Sambil Menggenggam Plastik Es Teh Di Pinggir Sawah Bendosari Sukoharjo

Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik kereta api dan biaya tiket akan dikembalikan penuh. “Penyediaan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang KAI berikan bagi pelanggan setelah sebelumnya menghadirkan layanan rapid tes antigen di 46 stasiun,” paparnya.

Penambahan Bertahap

Selain itu, KAI terus berkomunikasi dengan UGM dan Rajawali Nusindo untuk evaluasi layanan pemeriksaan GeNose C19 dari berbagai aspek. Setelah Stasiun Solo Balapan, PT KAI akan terus menambah jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose secara bertahap.

“Layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun akan semakin memperkuat deteksi dini penularan Covid-19 dan menjadikan kereta api semakin nyaman, aman, sehat,” ungkapnya.

Baca Juga: Jateng Di Rumah Saja, Solo Terapkan SE PPKM Dengan Prokes dan Sanksi Lebih Ketat

Sementara itu, salah satu penumpang KA, Ata, mengapresiasi langkah KAI menghadirkan layanan pemeriksaan Covid-19 yang makin ramah kantong.

Sebelumnya, ia mesti menjalani tes rapid lalu tes antigen demi  pulang ke Purworejo. Ia menggunakan KA jarak jauh dari Solo sepekan sekali.

“Akhirnya perjalanan untuk pulang bisa irit dari Rp105.000 [tes antigen] menjadi Rp20.000. Apalagi konon akurasi tes ini juga bagus. Jadi, pelanggan tetap nyaman dan bisa menjangkau harga tes tersebut,” jelas karyawan swasta tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya