SOLOPOS.COM - Konferensi pers terkait pengumuman UM-PTKIN 2022 yang digelar di Kampus UIN Walisongo, Kota Semarang, Kamis (20/6/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Sebayak 63.717 peserta dinyatakan lulus dalam Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM-PTKIN 2022. Pengumuman hasil UM-PTKIN ini telah diumumkan panitia nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN pada Kamis (30/6/2022).

Dari 142.716 peserta yang mendaftar melalui jalur UM-PKIN itu, sekitar 63.717 orang dinyatakan lulus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua PMB PTKIN 2022, Prof. Dr. Imam Taufiq, mengatakan dari total peserta 63.717 ada 83 persen yang lulus pilihan prodi pertama, pilihan kedua 10 persen dan pilihan ketiga 7 persen. Tak hanya itu, pada seleksi 2022 ini panitia juga meluluskan peserta difabel sebanyak 82 peserta.

“Pengumuman hari ini serentak di seluruh kampus, yakni nanti pukul 13.00 WIB. Calon mahasiswa bisa membukan akses cara prosedur dan tahapan kampus masing-masing pilihan,” kata Imam, seusai konferensi pers kelulusan UM-PTKIK 2022 di Kampus UIN Walisongo, Kota Semarang, Kamis (30/6/2022).

Imam menerangkan, 63.717 itu tersebar di 58 PTKIN dan 1 perguruan tinggi swasta di Jawa Barat (Jabar) dengan sebaran sesuai kuota masing-masing kampus. Sedangkan tren pendaftar terbanyak, mayoritas dari sekolah menengah kejuruan (SMK).

Baca juga: 73.944 Siswa Lolos SPAN-PTKIN 2022, Cek Pengumumannya di Sini Lur… 

“Prodi paling diminati ada Farmasi, Teknik Informatika, Ekonimi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Management Keuangan Syariah dan Management Bisnis Syariah. Sedangkan tren pendaftaramya, SMK ada 43.723 peserta, Madrasah Aliah (MA) 39.000, dan SMA hanya 13.000,” jelasnya.

Banyaknya tren yang mendaftar justru dari SMK ini, membuat PTKIN menilai masih ada pekerjaan rumah atau PR yang harus diselesaikan. Hal itu dikarenakan peserta dari jenjang pendidikan MA seharusnya lebih banyak.

“Ini menurut saya menjadi PR kita, yang berada di binaan agama. Kenapa tidak sebanyak SMK [jumlah siswa MA yang mendaftar]? Ada apa madrasah, kenapa tidak kuliah di satu jalur, yaitu PTKIN,” ujar Rektor UIN Walisongo itu.

Baca juga: Wow! UIN Sunan Kalijaga Perguruan Tinggi Islam Paling Diminati

Pihaknya menambahkan, bagi peserta yang belum lulus seleksi, disarankan mendaftar PTKIN lewat jalur mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing kampus. Sebab, kuota yang tidak terpenuhi pada UM-PTKIN ini akan dialihkan pada jalur mandiri.

“Jika belum terpenuhi [kuota], akan diambil masing-masing kampus. Misal di UIN Semarang ada 100 orang belum terpenuhi, ini nantinya akan diambilkan jalur mandiri yang hari ini sudah mulai di buka,” tutup dia.

Sebagai informasi, pengumuman hasil seleksi UM-PTKIN 2022 ini dapat dilihat melalui laman utama pengumuman hasil seleksi, yakni situsweb https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya