SOLOPOS.COM - Suasana di lokasi keberangkatan calon penumpang bus AKAP di Terminal Tirtonadi, Solo. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO — Jalur bus dari arah selatan (Sukoharjo, Wonogiri) yang menuju Terminal Tirtonadi Solo akan dialihkan untuk menghindari underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, saat Lebaran nanti.

Pengalihan ini untuk memecah penumpukan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan di underpass Makamhaji yang diperkirakan akan menjadi jalur pemudik dari arah selatan Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pegawai Staf Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo, Rofik Dawami, mengungkapkan hal tersebut saat dihubungi Solopos.com, Selasa (26/4/2022). Ia menyebut akan ada pengalihan jalur bus dari selatan menuju Solo untuk menghindari underpass Makamhaji.

Ini berlaku untuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan bus antarkota dalam provinsi (AKDP). Pengalihan ini menurut Rofik merupakan hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo.

“Untuk jalur bus, kami berkoordinasi dengan Dishub, tujuannya memecah kepadatan kendaraan di underpass Makamhaji.” ujar Rofik. Lebih lanjut, ia menjelaskan mengenai jalur yang digunakan untuk pengalihan bus yang melewati Makamhaji.

Baca Juga: Hindari Jalur Ini di Solo, Rawan Macet Saat Arus Mudik & Balik Lebaran

”Untuk jalur yang digunakan bus dari selatan ke terminal [Tirtonadi] Solo lewat Jl Yos Sudarso, Jl Veteran, Jl Honggowongso, Ngapeman, Jl Gajahmada, Jl S Parman, menuju Terminal Tirtonadi,” ujar Rofik.

Pantauan Solopos.com, underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, yang dibuka setelah perbaikan pada Selasa (8/3/2022) sudah mulai dipadati kendaraan menjelang Lebaran 2022. Underpass Makamhaji bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat dari arah Solo maupun Kartasura.

Rekayasa Lalu Lintas

Sedangkan untuk kendaraan dengan berat di atas 8.500 kilogram tidak boleh melewati underpass demi keselamatan pengendara dan keawetan jalan. Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo Hari Prihatno, menyebut akan ada 7,4 juta pemudik yang akan datang ke Kota Solo saat arus mudik.

Baca Juga: Sambut Pemudik, Dishub Solo Pasang Tenda Posko Lebaran di Jurug Solo

Hari Prihatno menyebut peningkatan signifikan tidak lepas dari jumlah cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pada 29 April hingga 7 Mei. “Kami prediksi ada 7 juta pemudik yang datang ke Kota Solo tahun ini. Ada peningkatan signifikan dibanding tahun lalu sebanyak 3,8 juta pemudik,” ujar Hari Prihatno.

Hari juga menyampaikan Dishub Solo tidak akan menerapkan rekayasa lalu lintas termasuk jalur bus untuk mengurai kemacetan saat masa Lebaran 2022. Sebagai gantinya, Dishub Solo akan memasang Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) di beberapa lokasi rawan kemacetan.

Baca Juga: Flyover Purwosari Solo Padat Merayap, Pemudik Lebaran Berdatangan?

Misalnya, kendaraan dari arah Kleco melewati simpang Faroka akan diarahkan melewati Fajar Indah. Selanjutnya keluar dari Jl Ahmad Yani sehingga tidak ada kepadatan kendaraan di Jl Slamet Riyadi.

Rencananya, RPPJ dipasang H-7 hingga H+7 Lebaran 2022. “Rekayasa enggak ada. Akan ada RPPJ mengarahkan pada jalan-jalan untuk mengurangi kepadatan tengah kota,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya