SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polresta Solo Kompol Adhytiawarman Gautama Putra. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Polresta Solo bakal menerapkan penjagaan ketat untuk memastikan tidak ada konvoi atau kerumunan saat Malam Tahun Baru. Selain penyekatan konvoi di semua pintu masuk kawasan perbatasan, juga akan dilakukan sterilisasi jalur utama.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan warga saat merayakan Malam Tahun Baru. “Kami akan lakukan pengetatan pada malam tahun baru nanti,” katanya kepada Solopos.com, belum lama ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu kegiatan pengetatan lalu lintas itu adalah dengan pengalihan arus lalu lintas di Jl Slamet Riyadi. Tepatnya mulai dari simpang Gendengan hingga kawasan Gladag.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Akhir Tahun Dolan ke Jurug Solo Zoo, Ada Spot Selfie Baru Lho!

Pengalihan arus untuk mencegah konvoi dan kerumunan saat Malam Tahun Baru di Solo akan dilakukan sejak Sabtu (1/1/2022) pukul 00.30 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Ia menegaskan pada jam itu Jl Slamet Riyadi akan ditutup untuk arus lalu lintas dan aktivitas masyarakat yang memicu kerumunan.

“Penutupan jalur nanti, kami menyesuaikan Surat Edaran Wali Kota yang ada, bahwa untuk rumah makan yang buka mulai pukul 18.00 WIB bisa buka hingga pukul 00.00 WIB. Untuk itu penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 00.30 WIB,” lanjutnya.

Baca Juga: Malam Tahun Baru di Solo: Alkid Ditutup, Jam Buka Warung Dibatasi

Pada sisi lain, pada Jumat (31/12/2021) mulai pukul 18.00 WIB, juga akan dilakukan penyekatan di sejumlah lokasi perbatasan. “Jadi nantinya jika ada iring-iringan motor atau konvoi mau masuk Solo, akan kami minta untuk putar balik,” katanya.

Di sisi lain, patroli atau pemantauan akan terus dilakukan. Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahamd Luthfi, juga memastikan Polda Jateng tidak akan mengeluarkan rekomendasi atau perizinan terkait keramaian tahun baru.

Baca Juga: Butuh Belanja? Mal di Solo Geber Diskon Akhir Tahun hingga 70% Lho

Keramaian itu baik di hotel, fasilitas umum, maupun tempat lainnya. Selanjutnya ia memperingatkan pada malam pergantian tahun, tidak dibolehkan adanya arak-arakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya