SOLOPOS.COM - Petugas menunjukkan sejumlah barang yang diperoleh saat memeriksa sel para narapidana di Lapas Kelas IIA Wirogunan Jogja, Kamis (23/12/2021). (Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Wirogunan, Jogja bakal memperketat pengawasan dan pengamanan kepada narapidana di masa libur Natal dan Tahun Baru nanti. Langkah ini diupayakan guna mencegah insiden gangguan dan juga antisipasi terhadap potensi yang membahayakan.

Kepala Lapas Kelas IIA Wirogunan Jogja, Soleh Joko Sutopo menyebut, di masa libur Natal dan Tahun Baru pengamanan kepada narapidana akan diperketat. Pihaknya telah memetakan bahwa terdapat situasi dan waktu tertentu yang sekiranya bisa dimanfaatkan oleh narapidana. Dan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan atau potensi kabur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Misalnya waktu salat zuhur dan asar, itu rawan sekali karena narapidana akan keluar dari sel untuk ibadah. Di situ biasanya bisa jadi celah kalau petugas tidak mengawasi,” ujarnya, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Lapas Sleman Geledah dan Tes Urine Warga Binaan, Ini yang Ditemukan

Lapas Wirogunan juga menggandeng aparat penegak hukum (APH) dari instansi lain seperti TNI, BNN, dan Polri untuk melakukan pemeriksaan di sel para narapidana. Petugas juga mendapati sejumlah barang yang seharusnya tidak boleh masuk atau dibatasi jumlahnya berada di sel narapidana, seperti besi, korek gas, kayu, alat cukur dan sejumlah alat yang dimodifikasi.

“Kita akan musnahkan karena memang ada barang yang dilarang dan ada yang boleh namun dibatasi jumlahnya. Kalau seperti besi dan kayu ini tentu cukup membahayakan dan bisa jadi alat yang disalahgunakan sewaktu-waktu,” kata Soleh.

Baca juga: Ngeri! Petugas Damkar Kota Jogja Diancam Sajam Oleh Pemilik Rumah

Soleh menyebut, saat Natal dan Tahun Baru nanti pihaknya menambah petugas jaga sebanyak dua personel di tiap sif. Penambahan petugas ini diharapkan bisa mengoptimalkan keamanan dan situasi kondusif di dalam Lapas.

“Karena kita pukul 16.00 Wib itu semua sel sudah dikunci dan narapidana harus masuk. Jadi penambahan personel kami harap bisa jadi tindakan antisipasi,” katanya.

Menjelang akhir tahun pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap barang yang ada di sejumlah sel narapidana. Tindakan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan di dalam Lapas. Upaya ini disebut menjadi aktivitas rutin yang digelar saban pekan dan menjelang hari raya besar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya