Cegah Covid-19 Omicron, Presiden Minta Vaksinasi Digenjot

Presiden Jokowi meminta vaksinasi Covid-19 terus digenjot untuk mencegah penularan varian Omicron.
Cegah Covid-19 Omicron, Presiden Minta Vaksinasi Digenjot
SOLOPOS.COM - Ilustrasi varian bari Covid-19 yang dinamain omicron oleh WHO. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Persebaran Covid-19 varian Omicron semakin meluas. Hal ini membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta vaksinasi Covid-19 digenjot.

Presiden meminta masyarakat tetap waspada terhadap Covid-19 varian baru itu. Salah satunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan menggenjot vaksinasi.

“Ancaman ini belum selesai. Kita boleh bersyukur, kita boleh berbangga tapi tetap harus waspada, hati-hati yang namanya sekarang ini ancaman gelombang keempat varian Omicron, hati-hati,” tuturnya saat memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) Tahun 2021, di Candi Ballroom, Hotel The Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat (03/12/2021), seperti dihimpun dari Setkab.go.id.

Baca juga: Gawat! Kasus Baru Covid-19 di Sleman Didominasi Anak Kos & Pelajar

Dihimpun dari situs resmi WHO, sampai saat ini Covid-19 varian Omicron setidaknya sudah terdeteksi di 45 negara. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun meminta setiap negara di dunia melakukan persiapan sekaligus pencegahan menghadapi wabah Covid-19 varian baru ini. Mulai dari mempersiapkan fasilitas kesehatan, membatasi kegiatan masyarakat, dan mempercepat vaksinasi.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi memberikan arahan untuk mempercepat vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Hal ini dilakukan karena anak-anak termasuk kelompok usia rentan terkena varian ini.

Baca juga: Peneliti Indonesia Novalia Pishesha Temukan Kandidat Vaksin Covid-19

Pemerintah juga tengah menyiapkan skema untuk pelaksanaan vaksinasi booster yang direncanakan akan dilakukan di tahun mendatang. Pelaksanaan ini akan diatur melalui peraturan menteri kesehatan (permenkes).

Selama pandemi belum berakhir, masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan menjauhi kerumunan.

Baca juga: PPKM Level 3 Nataru Batal, Moeldoko: Pemerintah Pertimbangkan Ekonomi


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago