top ear
Ilustrasi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. (Pictagram)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. (Pictagram)

Cegah Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan Solo Jalankan Lapak Asik

Pihak BPJS Ketenagakerjaan Solo mennerapkan layanan Lapak Asik guna mencegah corona.
Diterbitkan Sabtu, 28/03/2020 - 14:25 WIB
oleh Solopos.com/Farida Trisnaningtyas
2 menit baca

Solopos.com, SOLO –BPJS Ketenagakerjaan Solo menjalankan program Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) untuk mendukung upaya pencegahan wabah Covid-19 khususnya di Solo. Layanan ini dilaksanakan di seluruh kantor BPJS Ketenagakerjaan se-Indonesia.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solo, Rudy Yunarto, mengatakan sebelumnya pelayanan yang diberikan kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka atau kontak fisik.

Tetapi selama masa KLB corona, pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Solo menjalankan program baru.

Kronologi Meninggalnya Anggota DPR Imam Suroso yang Positif Corona

“Dengan kondisi saat ini, hal itu tidak mungkin untuk dilakukan. Maka dari itu, BPJS Ketenagakerjaan memfokuskan layanan klaim jaminan menjadi layanan online dan tanpa kontak fisik,” katanya, kepada wartawan Solopos.com, Jumat (27/3/2020).

Peserta BPJS Ketenagakerjaan juga bisa melakukan klaim jaminan hari tua (JHT) dengan registrasi antrean online.

Registrasi bisa dilakukan lewat aplikasi BPJSTKU atau langsung melalui situs resmi antrean online pada antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Pakar Matematika UNS Solo: Wabah Corona di Indonesia Bisa Berhenti dalam 100 Hari, Jika...

Setelah mendaftar paling lambat H-1, peserta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi.

Selanjutnya, petugas BPJS Ketenagaakerjan akan melakukan verifikasi berkas. Jika dokumen lengkap dan telah diverifikasi petugas, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim.

Nantinya infomasi tersebut akan disampaikan melalui sarana komunikasi seperti email, Whatsapp, SMS, atau telepon.

Ini Resep Bubur Ketan Hitam Pengusir Wabah Corona Ala Mahamenteri Keraton Solo

"Jika yang bersangkutan tidak berhasil mengunggah dokumen, peserta akan diinformasikan untuk datang langsung ke kantor cabang yang dipilih saat registrasi dan memasukkan dokumen ke dalam dropbox yang tersedia untuk diproses lebih lanjut. Adapun pada saat verifikasi dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut, petugas akan menghubungi peserta melalui telepon/email/videocall,” paparnya.

Pencegahan Covid-19

Di samping itu, Rudy menegaskan semua peserta yang mendatangi kantor cabang BPJS Tenaga Kerja akan selalu diukur suhu tubuhnya.

Mereka diwajibkan menjaga kebersihan diri sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19. Selain itu, salah satu bentuk mitigasi dalam mengurangi interaksi langsung adalah dengan menempatkan dropbox di luar ruangan lalu.

Setelah itu semua dokumen yang diterima terlebih dahulu disemprot dengan desinfektan baru diserahkan kepada petugas untuk diproses lebih lanjut.

Gawat! 1 Hari 969 Pasien Corona Italia Meninggal

“Kami jamin pelayanan yang kami berikan sesuai dengan standar yang berlaku. Hal terpenting saat ini adalah kami mohon pengertian seluruh peserta yang mengakses layanan kami, untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam mencegah meluasnya Covid-19 demi kebaikan bersama,” jelasnya.

Rudy menjelaskan informasi lebih lanjut terkait pelayanan protokol Lapak Asik, dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175.

Informasi juga bisa diakses melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Serta akun resmi pada Facebook BPJS Ketenagakerjaan, dan Twitter @bpjstkinfo.

Pihaknya pun menekankan urgensi pemberlakuan layanan online ini memang penting dilakukan. Menurutnya, selain mempermudah peserta hal ini berdampak pula pada perlambatan penyebaran virus corona.

 

Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait