top ear
Ada cara khusus untuk menceah buku awet (ilsutrasi/istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Ada cara khusus untuk menceah buku awet (ilsutrasi/istimewa)

Cegah Buku Kesayangan Menguning, Lakukan 4 Cara Ini

Untuk menghindari atau menceah buku kesayangan kalian menguning, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
Diterbitkan Selasa, 24/11/2020 - 22:17 WIB
oleh Solopos.com/Ratih Nisa Intana
2 menit baca

Solopos.com, SOLO – Membaca bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dan menghabiskan waktu, terutama di pandemi seperti ini. Apapun medianya, membaca selalu dianggap sebagai jendela informasi dunia.

Tak hanya lewat buku fisik, saat ini membaca bisa dilakukan lewat gadget, dengan berbagai aplikasi. Tapi, beberapa orang masih senang memiliki buku fisik dan bahkan mengoleksinya.

Namun, semakin lama buku yang dibaca dan disimpan, membuat halaman buku rentan berubah menjadi kekuningan dan kecokelatan jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini dikarenakan oleh bahan dasar buku, yang berupa kertas.

Melansir dari okezone.com, kertas berasal dari kayu yang mengandung sellulosa dan komponen kayu bernama lignin. Lignin dan selulosa merupakan dua komponen yang rentan terhadap oksidasi. Dengan adanya oksidasi, kertas akan berubah menjadi kekuningan, dan pada akhirnya menjadi kecoklatan.

Untuk menghindari buku kesayangan kalian menguning, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Penentuan Ganti Rugi Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja Di Klaten Dimulai Di Desa Ini

Hindarkan dari cahaya matahari

Sinar matahari memancarkan sinar UV yang dapat merusak kertas. Ini juga yang menyebabkan buku-buku dan dokumen kuno di perpustakaan dan museum selalu diarsipakan di dalam ruangan dengan UV filter. Untuk merawat dan melindungi buku kesayangan kalian, simpanlah di dalam ruangan ketika tidak dibaca, dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Perhatikan sirkulasi udara

Buku dan rak kayu dengan berjalannya dengan waktu, akan melepaskan bahan kimia yang berbahaya dalam bentuk gas atau disebut “off-gassing”. Gas ini akan berdampak buruk pada buku-buku karena akan memicu menguningnya lembar-lembar buku. Oleh karena itu, pastikan adanya sirkulasi udara yang memadai di ruangan dan sekitar rak buku

Menjaga kelembapan dan suhu

Kertas mudah menyerap kelembaban dari udara, yang menyebabkan rusaknya kertas. Kelembaban udara yang ideal berkisar dari 30-50%. Namun, naik-turunnya suhu tidak bagus untuk buku. Panas yang berlebihan akan merusak buku, namun jika terdapat fluktuasi suhu yang terlalu besar, seperti dengan dinyalakannya AC, maka buku akan cepat menguning. Oleh karena itu, simpanlah buku di ruangan yang relatif sejuk dan juga kering.

Pengin Awet Muda, Sering-Sering Konsumsi Makanan Ini Yuk

Amankan dari Off-Gassing

Gunakan lining paper untuk memberi batas antara buku dan rak buku, sehingga menghindarkannya dari gas dilepaskan oleh rak kayu tersebut. Off-gassing ini juga terjadi pada buku, oleh karena itu, jauhkanlah buku yang sudah menguning atau buku yang memiliki tingkat off-gassing yang tinggi dengan buku yang kondisinya masih bagus.


Editor : Profile Anik Sulistyawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini