[ X ] CLOSE

Cegah Ancaman Longsor, Ratusan Pohon Beringin Ditanam di Pegunungan Bulukerto Wonogiri

Cegah ancaman longsor, area pegunungan di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri ditanami ratusan pohon beringin, Jumat (25/6/2021).
Cegah Ancaman Longsor, Ratusan Pohon Beringin Ditanam di Pegunungan Bulukerto Wonogiri
SOLOPOS.COM - Tokoh penggerak penghijauan Bulukerto, Mbah Sadiman bersama karyawan BNI Wonogiri dan anggota Komunitas Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Wonogiri saat menanam pohon beringin di area pegunungan Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri ditanami ratusan pohon beringin, Jumat (25/6/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Cegah ancaman longsor, area pegunungan di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri ditanami ratusan pohon beringin, Jumat (25/6/2021). Penanaman itu diharapkan bisa mengurangi emisi karbon.

Aksi peduli lingkungan hidup itu diikuti oleh sejumlah pegawai Bank BNI Wonogiri dan Komunitas Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Wonogiri Penanaman pohon itu juga diikuti oleh tokoh penggerak penghijauan Bulukerto, Sadiman atau yang akrab dipanggil Mbah Sadiman.

Dalam video yang diterima Solopos.com, Mbah Sadiman bersyukur atas penghijauan yang telah dilakukan di pegunungan Bulukerto. Hal itu selaras dengan apa yang telah ia lakukan selama ini dalam menjaga kelestarian hutan.

Baca Juga: Tren Naik, Kasus Covid-19 di Sukoharjo Tambah 88 Orang dalam Sehari

"Terimakasih sudah membantu masyarakat di sini, Alhamdulillah. Ini memberi barokah keselamatan dan rezeki. Saya berterima kasih atas bantuan bibit pohon yang diberikan," kata Mbah Sadiman.

Pemimpin BNI Cabang Wonogiri, Sri Haryati, mengatakan kegiatan penghijauan itu dilalukan sebagai kepedulian serta turut menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. Ia mengajak kepada seluruh pegawai untuk ikut berkontribusi secara nyata dalam pengurangan emisi karbon dengan mengadakan program “Change Movement-One Tree One Employee”.

Pada Jumat, kata dia, ada 500 bibit pohon beringin yang ditanam di wilayah Wonogiri. Selain di Bulukerto, penanaman pohon juga dilakukan di area Embung Pakis Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Proses penanaman dipimpin oleh Komunitas PPBI.

"Di area pegunungan Conto, Bulukerto saat ini sangat membutuhkan penghijauan. Kelak pohon yang ditanam tersebut dapat menjaga struktur tanah dari ancaman bahaya longsor," kata dia.

Sementara itu, penanaman pohon di area Embung Pakis diharapkan dapat menjadi area lahan konservasi air. Sebab lahan di area embung itu saat ini tampak tandus. Selama kegiatan berlangsung, protokol kesehatan dilakukan sangat ketat.

Baca Juga: Diduga Gegara Depresi, Perempuan asal Pati Terjun ke Sumur

Sri Haryati menuturkan kepedulian BNI kepada keberlangsungan lingkungan hidup sudah sejak lama. Hal itu dibuktikan dengan slogan yang dimiliki yakni BNI Go Green. Penanaman kali ini dilakukan untuk menyongsong HUT ke-75 BNI yang jatuh pada 5 Juli.

"Penanaman ini menegaskan kembali komitmen BNI yang tersirat dalam slogan tersebut. Bahwa kami harus terus berkontribusi secara nyata dalam pengurangan emisi karbon dan menjaga keberlangsungan ekosistem. Terlebih di area yang sangat membutuhkan," kata Sri Haryati.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago